PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA 3D SIENCE BERBASIS ANDROID DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SIWA KELAS VIII DI MTSNEGERI 1 MAROS BARU
DOI:
https://doi.org/10.46918/binomial.v3i1.482Kata Kunci:
Media 3D Science Berbasis Android, Hasil Belajar SiswaAbstrak
Penelitian ini termasuk penelitian Quasy Eksperimental. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media 3D Science Berbasis Android Dengan Model Pembelajaran Kooperatif terhadap hasil belajar biologi kelas VIII MTs Negeri 1 Maros pada materi sistem pernafasan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan Media 3D Science Berbasis Android sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar biologi peserta didik.Data dianalisis menggunakan Analisis uji Deskriptive, Normalitas, Homogenitas, Hipotesis, dan Ngain dengan menggunakan SPSS versi 16. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan Media 3D Science Berbasis Android Dengan Model PembelajaranKooperatif terhadap hasil belajar biologi. Hal ini juga di buktikan dari hasil perolehan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t yaitu diperoleh nilai thitung= 13.380 lebih besar dari ttabel=1,66 dengan taraf signifikan 0,05 atau 5%. Selain itu dilihat dari hasil perhitungan postes setelah diberikan perlakuan media pembelajaran 3D Science Berbasis Android sebanyak empat pertemuan dengan nilai rata-rata 85,71, lebih tinggi dibandingkan dengan hasil perhitungan postes kelas kontrol dengan nilai rata-rata 77,50 yang diberikan perlakuan sebanyak empat kali pertemuan dengan menggunakan media pembelajaran dua dimensi.
Referensi
Ali,Sidin & Khaeruddin.2012.evaluasi pembelajaran.Makassar:Badan Penerbit UNM
Anwar khoirul,sudjimat & suhartadi .2009.Pengaruh Media Pembelajaran Dua Dimensi, Tiga Dimensi, Dan Bakat Mekanik Terhadap Hasil Belajar Sistem Pengapian Motor Bensin Di Smk Kota Mojokerto.Jurnal teknologi dan keguruaan,vol 32,No 2, hal.142.
Hardiyanto, Rizal Isnanto & Windasari .2016. Pembuatan Aplikasi Augmented Reality Siklus Hidrologi Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android.Jurnal teknologi dan sistem komputer, vol 4, No 1, hal. 160.
Idaramatasia.2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA5 SMA Negeri 9 Makassar.JPF, Volume 4, No 1, hal.92.
Luthfiah,Vivi.2013.Pengaruh Penggunaan Media Tiga Dimensi Model Tiruan Terhadap hasil belajar biologi kelas X Pada Konsep Virus .Skripsi pada uin syarif hidayatullah.
Meltzer, D.2002. The Relationship In PhysicsAnd Other Sciences: The Need For Special Science Courses For Teachers. America Jurnal Physics. 58 (8), 734-741.
Muhlis. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koloid SMAN 4 Bantimurung Maros. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, Volume 2, Nomor 1, hal.14.
Muyaroah,siti & mega fajartia .2017. Pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan menggunakan aplikasi adobe flash DS 6 pada mata pelajaran biologi. Jurnal inovasi kurikulum & pendidikan teknologi, vol 6,No 2, hal.80.
Nadhiroh,siti. 2017. Pengaruh media komik biologi terhadap hasil belajar siswa SMA 2 Muhammadiya kota Magelang.Skripsi.Yokyakarta: Program Studi S1 Uin Sunan Kalijaga Yokyakarta.
Narmawati. 2009. Upaya peningkatan prestasi belajar matematika dengan metode pembelajaran penemuan terbimbing pada peserta didik kelas V SD Negeri 3 Barambang II Kab. Maros. Skripsi tidak dipublikasikan. Maros: Program Pendidikan Biologi STKIP YAPIM Maros.
Nasution, S. 2012. Kurikulum dan penganjaran.Jakarta: BumiAksara.
Nurcahyo, adhi prasetyo .2016. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Kelistrikan Mesin & Konversi Energi Di Smk N 2 Depok Yogyakarta:Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Prasetyo Sigit .2017. Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Android Untuk Siswa Sd/Mi.Jurnal pedndidikan madrasah ibtidaiyah,vol 1, No 1, hal.125-127.
Putra rizki suhendar, Wijayanti & Mahatmanti.Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal inovasi pendidikan kimia,vol 11, No 2, hal.2010.
Sari Neptiati Norita. 2012.Pengembangan Media Chart Tiga Dimensi (3d) Pembelajaran Menjahit Celana Pada Mata Pelajaran Keterampilan Pkk Siswa Kelas Viii Di Smp N 16 Yogyakarta.Yogyakarta: Program S1 Universitas Negeri Yogyakarta.
Sofia,Siti .2016. Pengaruh penggunaan android dan e-learning terhadap hasil pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Kepanjeng Malang:Program S1Universitas negri malang.
Rosy, Brillian dkk .2018. Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning, Schoology Bagi Guru SMK Program Keahlian Administrasi Perkantoran Di Kabupaten Jombang Jawa Timur.Jurnal pemberdayaan masyarakat madani, vol 2,No 2, hal.178.
Tirtonegoro. 2001. Belajar dan pembelajaran (Pengertian Hasil Belajar Peserta didik). Jakarta: Grafindo Media Pratama Tirtonegoro. 2001. Belajar dan pembelajaran (Pengertian Hasil Belajar Peserta didik). Jakarta: Grafindo Media Pratama.S