PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP MINAT BELAJAR BIOLOGI KONSEP MONERA SISWA KELAS X SMA

Penulis

  • Harfika harfika Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rahmatia Thahir Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Hilmi Hambali Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.46918/binomial.v3i1.481

Kata Kunci:

metode mind mapping, minat belajar

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap minat belajar biologi konsep monera pada siswa kelas X di SMAN 9 Makassar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy eksperimen) dengan bentuk desain Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X Mia sebanyak 8 kelas dengan jumlah 274 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIA 7 sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIA 6 sebanyak 32 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa angket terdiri dari 25 pernyataan yang sudah di validasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah Independent Samples T-test. Hasil uji analisis Independent Samples T-test pada minat belajar siswa didapatkan nilai Sig (2-tailed) 0,008<0,05. Hal ini berarti H0 di tolak dan H1 diterima atau dengan kata lain ada pengaruh penerapan metode mind  mapping terhadap minat belajar biologi konsep monera pada siswa kelas X MIA di SMA Negeri 9 Makassar.

Referensi

Darusman. (2014). Penerapan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP. Infinity Journal (Online).Vol. 3, No. 2 (http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/61, diakes 9 Oktober 2019).
Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Nazliah, R., Harahap, R.D., & Hasibuan, E.R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Respirasi Di Kelas XI SMA Negeri 2 Bilah Hulu. Jurnal Biolokus (Online). Vol. 2, No. 2 (http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/biolokus/article/view/534, diakses 9 Oktober 2019)
Swadarma, D. (2013). Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: PT Gramedia.

Diterbitkan

2020-03-31

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP MINAT BELAJAR BIOLOGI KONSEP MONERA SISWA KELAS X SMA. (2020). Jurnal Binomial, 3(1), 61-72. https://doi.org/10.46918/binomial.v3i1.481