PENGARUH METODE DISKUSI BERBANTUKAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII MTs MAKKARAENG

Penulis

  • Mufaikah A MTs MAKKARAENG

Kata Kunci:

Metode Diskusi, Pembelajaran Media audiovisual, hasil belajar.

Abstrak

Jenis penelitian ini adalah  eksperimen semu (Quasi Experment) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Diskusi Berbantukan Media Audivisual terhadap hasil belajar Biologi pada siswa kelas VII MTs Makkaraeng. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Makkaraeng dengan Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampel. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen 2. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar yaitu pretest dan  posttest berupa 20 soal pilihan ganda yang telah di validasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan metode diskusi berbantukan media audiovisual pada kelas eksperimen 1 yang niali rata-rata sebesar 81.05 sedangkan siswa yang diajar dengan metode diskusi pada kelas eksperimen II yang nilai rata-rata sebesar 72.17. berdasarkan uji t sampel independen, di peroleh nilai thitung > ttabel yaitu (3.057 > 1.690) yang menunjukkan adanya perbedaan terhadap hasil belajar peserta didik kelas eksperimen 1dan kelas eksperimen 2. Kesimpulan menunjukkan bahwa ada pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran menggunakan media audiovisual dengan metode diskusi  pada siswa kelas VII MTs Makkaraeng pada materi Pokok Ekosistem.

Referensi

Fajar Muttaqien. 2017. Penggunaan Media Audio-Visual dan Aktivitas Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Vocabulary Siswa Pada Mta Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X. Jurnal Wawasan Ilmiah .Volume 8, Nomor 1, hal 25-41.
Sadiman Arief. dkk. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sapto Haryoko, 2009. Efektifitas Pemanfaatan Mdia Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembeljaran. Jurnal Edukasi@electro. Volume 5. Nomor 1. Hal 8

Sudrajat, akhmad. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Paramitra Publishing

Syamsudduha, St. Penilaian Berbasis Kelas, Cet. III; Yogyakarta: Aynat Publishing, 2014.

Triwiyanto, teguh. 2014. Pengantar dan Metode Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Diterbitkan

2019-09-07

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

PENGARUH METODE DISKUSI BERBANTUKAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII MTs MAKKARAENG. (2019). Jurnal Binomial, 2(2), 108-120. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial/article/view/285