PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE BERBASIS APLIKASI PUZZLE MAKER TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KONSEP KINGDOM ANIMALIA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MAROS

Penulis

  • alfira alfira Universitas Muslim Maros

Kata Kunci:

crossword puzzle, hasil belajar, metode pembelajaran, puzzle maker.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Pembelajaran Crossword Puzzle Berbasis Aplikasi Puzzle Maker Terhadap Hasil Belajar Biologi Konsep Kingdom Animalia Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Maros. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (Quasy Experiment). Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive  sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan metode Crossword Puzzle dan siswa kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan metode konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essai sebanyak 5 item yang telah divalidasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Perolehan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 86,21 dan kelas kontrol sebesar 81,97. Teknik analisis data yang dilakukan untuk uji normalitas adalah uji Shapiro-Wilk dan uji homogenitas menggunakan Levene Test, dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil uji-t diperoleh ttabel 1.66757 ? thitung 2.459. tabel distribusi t dengan df (degree of freedom) 68 dan taraf signifikan (?) = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Crossword Puzzle terhadap hasil belajar biologi pada siswa.

Referensi

Ali, Sidin & Khaeruddin. 2012. Evaluasi pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM

Fatwayani, Ami. 2013. Pengaruh penggunaan model pembelajaran crossword puzzle pada mata pelajaran geografi kompetensi dasar persebaran biosfer terhadap hasil belajar siswa kelas xi ips ma mathalibul hudamlonggo kabupaten jepara. Semarang: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

Has, Zakir, & Oktavia, Sri H. 2017. Pengaruh metode pembelajaran croosword puzzle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ips kelas viii smp bukit raya pekanbaru. Jurnal Pendidikan, Volume 5, Nomor 1, hal. 43-57.

Hasanah, N. 2016. Cara mudah membuat tts di teacher’s Corner. Diunduh di http://novehasanah.blogspot.com/2016/10/cara-mudah-membuat-tts-di-teachers.html?m=1. tanggal 8 Januari 2018.

Meltzer, D. 2002. The relationship in physics and other sciense: the need for special science courses for teachers. American journal physics, 58 (8). Hal 734-741.
Mursilah. 2017. Penerapan metode pembelajaran crossword puzzle dalam meningkatkan hasil belajar ips kelas xii smk nurul huda sukaraja. Jurnal ilmiah pendidikan dan ekonomi, Volume 1, Nomor 1, hal 37-47.

Nasir, A. Muhajir.2014. Statistik pendidikan. Makassar: Media Akademi

Priadi, Arif., & Herlanti, Yanti. 2016. Biologi untuk SMA/MA Kelas X. Bogor: Yudhistira.

Rizkiansyah, I. 2013. Pengembangan aplikasi pembelajaran interaktif “ethnictro”. Diunduh di http://www.eprints.uny.ac.id. tanggal 8 Januari 2019.

Rosyidah, Lyna. 2012. Pengaruh metode crossword puzzle terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran ips kelas v di min sucenjurutengah bayan purworejo. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

UU RI tahun 2003 No.20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional bab II Pasal 3

Diterbitkan

2019-09-25

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE BERBASIS APLIKASI PUZZLE MAKER TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KONSEP KINGDOM ANIMALIA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MAROS. (2019). Jurnal Binomial, 2(2), 143-155. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial/article/view/283