EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM EKSKRESI SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 MAROS BARU
Kata Kunci:
Efektivitas, kooperatif tipe STAD, Hasil belajarAbstrak
Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen yang bertujuan menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan tutor sebaya terhadap hasil belajar biologi pada materi sistem ekskresi siswa kelas VIII Mts.Negeri 1 Maros Baru. Jenis penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian one shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs. Negeri 1 Maros Baru dengan sampel yang diambil dengan teknik sampling maka diperoleh peserta didik kelas VIII-C sebanyak 22 peserta didik dalam satu kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu tes hasil belajar dan lembar observasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dengan perhitungan gain ternormalisasi dan inferensial dengan uji normalitas sebagai uji prasyarat analisis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretes 50,24 sedangkan rata-rata postes 83,57. Rata-rata skor gain ternormalisasi 0,70 dalam kategori tinggi dan berdistribusi normal untuk data hasil belajar berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh nilai
Referensi
Hardianty St, dkk 2015 penerapan pendekatan tutor sebaya untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas vii smp negeri 1 kasimbar dalam menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 04, nomor 02.
Nasir, A. Muhajir. 2013. Penerapan Media Animasi Pada Materi Bangun Datar Segi Empat dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP. Thesis. Tidak Diterbitkan. Makassar: pps UNM Makassar
Nasir, A., Upu, H., & Hisyam, I. (2016). Penerapan Media Animasi pada Materi Bangun Datar Segiempat Dalam Pembelajaran Matematika