Analysis of the impact of using Moodle-based interactive media on student learning outcomes at SMA DDI Maros

Authors

  • Diva Nadia Putri Universitas Muslim Maros

DOI:

https://doi.org/10.46918/bn.v8i2.2807

Keywords:

Moodle learning media, learning outcomes, interactive learning

Abstract

This study aims to analyze the impact of the use of Moodle-based interactive learning media on student learning outcomes in Biology at SMA DDI Maros. The background of this study is based on the low understanding of students towards the material due to the monotonous presentation of learning and the lack of media variations used by teachers. The research method used is a quantitative method with a pre-experimental design in the form of one group pretest-posttest. The research sample consisted of 31 students of grade XI1 SMA DDI Maros. The instruments used were pretest and posttest tests of 25 multiple choice questions. The results of data analysis using SPSS version 30 showed that the average value of student learning outcomes increased from 29.97 (pretest) to 75.39 (posttest). The normality test showed that the data were normally distributed, and the hypothesis test using a paired sample t-test produced a significant value of 0.001 (p <0.05), which indicates that the use of Moodle has a significant effect on improving student learning outcomes. Thus, Moodle-based interactive learning media has been proven effective in improving student learning outcomes and can be an alternative in the Biology learning process

References

Alfansyur, A., Mariyani. 2019. Pemanfaatan Media Berbasis ICT “KAHOOT” dalam Pembelajaran PPKN untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bhineka Tunggal Ika. Volume 6, Nomor 2, hal. 208-216.

Andriani, R., dan Rasto. 2019. Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran . Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Volume 4, Nomor 1, Hal. 80–86.

Ayun, A. Q. 2019. Pengaruh Dana Proporsi Pihak Ketiga, Risiko Pembiayaan, Dan Proporsi Pembiayaan Non Investasi Terhadap Profit Distribution Management. Jakarta; Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Carol Natasia dan Durinta Puspasari. 2020. Pemanfatan Media E-Learning moodle untuk Menunjang Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Ciputra. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran ( JPAP), Volume 8 Nomor 1.

Derivat, 2019. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasisi LMS moodle.jurnal riset fakultas keguruan dan ilmu pendidikan volume 6,nomor 2

Gukguk, F. D. A. B. R. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas IV SD Elim Kairos Smart Berastagi Tahun Pelajaran 2021/2022. Doctoral dissertation, Universitas Quality Berastagi.

Kacetl, J., & Semradova, I. (2020). Reflection on blended learning and e- learning - case study. Procedia Computer Science, 176, 1322– 1327.

M.miftach fakhri & Della.2022. Pengaruh Media E-Learning Berbasis LMS Moodle dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar.jurnal riset Pendidikan Kimia PPs UNM, 2022 Vol. 5, No. 2 (157- 169).

Marlina, L., & Sholehun, S. 2020. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar bahasa indonesia pada siswa kelasIV sd muhammadiyah majaran kabupaten sorong. FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Volume 2, Nomor 1, Hal. 66-74.

Marzuki & Mega S. 2023. Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (Lks) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas XI IPS 1 Di SMA Sinar Kasih Sintang. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 7, Nomor 3, Hal. 20643-20651.

Nuriansyah, F. 2020. Efektifitas penggunaan media online dalam meningkatkan hasil belajar pada mahasiswa pendidikan ekonomi saat awal pandemi Covid-19. Jurnal pendidikan ekonomi Indonesia. Volume 1, Nomor 2, Hal. 85-90.

Nurrita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat. Volume 3, Nomor 1, Hal. 171-187.

Priatmojo, B., Wulandari, N. A., Herawati, T., & Marini, A. 2023. Media pembelajaran audio-visual dalam pendidikan karakter untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, Volume 2, Nomor 8, hal. 901-918.

Ramadhan, O. M., & Tarsono, T. 2020. Efektifitas pembelajaran sejarah kebudayaan Islam melalui google classroom ditinjau dari hasil belajar siswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), Volume 6, Nomor 2, hal. 204- 214

Sarumaha, M. 2021. Biologi Sel: Modul Singkat Sel dalam Perkembangannya. Jawa Tengah; CV Lutfi Gilang.

Shofiyanti, A. 2019. Identifikasi Tumbuhan Di Lingkungan Sekolah Untuk pengembangan Modul Pembelajaran Model Discovery Learning. Semarang; Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.

Singgih Santoso 2016. Latihan SPSS Statistik Multivariat, PT Elex Media Komputindo Jakarta.

Sukmah, N., Pertiwi, I.L., & Rizki, A. N. 2021. Pengaruh Media "Quizizz" Dalam Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi. Volume 4, Nomor 2.

Syah, A. T. 2019. Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Pinrang. Makassar; Universitas Negeri Makassar.

Tafonao, T. 2019. Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidika. Volume 2, Nomor 2, Hal. 103- 114.

Trisiana, A. 2020. Penguatan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui digitalisasi media pembelajaran. Jurnal pendidikan kewarganegaraan, Volume 10, Nomor 2, hal. 31-41.

Widodo, P. (2019). Teknologi dan Akses Pendidikan di Daerah Terpencil.

Jurnal Pendidikan, 11(1), 23-35.

Wulandari, T., & Mudinillah, A. 2022. Efektivitas penggunaan aplikasi sebagai media pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, Volume 2, Nomor 2, hal. 81-90

Yetty, O. 2023. BAB 4 MEDIA PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF.Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris, -:-.

William, W., & Hita, H. 2019. Mengukur tingkat pemahaman pelatihan powerpoint menggunakan quasi-experiment one-group pretest- posttest. Jurnal SIFO Mikroskil, Volume 20, Nomor 1, hal.71-80.

Wicaksana, E. (2020). Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi dan Minat Bakat Peserta Didik Ditengah Pandemi Covide 19. Eduteach: jurnal edukasi dan teknologi pembelajaran, 1(2), 117-124.

Published

2025-09-30

How to Cite

Analysis of the impact of using Moodle-based interactive media on student learning outcomes at SMA DDI Maros. (2025). Jurnal Binomial, 8(2). https://doi.org/10.46918/bn.v8i2.2807