EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM POSING LEARNING (PPL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 18 BONE
DOI:
https://doi.org/10.46918/bn.v7i2.2406Kata Kunci:
Hasil Belajar Siswa, Model Problem Posing Learning (PPL), Pembelajaran Biologi.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan apakah model pembelajaran Problem Posing Learning (PPL) efektif terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran biologi kelas X di SMA Negeri 18 Bone. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan sampel yang digunakan adalah kelas X 3 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pre-Test and Post-Test Design. Hasil pengujian data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji Paired Sample T Test dari data pre-test dan post-test yang diperoleh sebesar 0,01 sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan model Problem Posing Learning (PPL) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Model ini mampu mengajarkan siswa untuk berpikir kritis, melibatkan mereka dalam pembelajaran, mengajarkan cara menganalisis suatu masalah sehingga berimplikasi pula pada ketercapaian hasil belajarnya.
Referensi
Febrianti, N., Wahyuni, S., & Muliana. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange Dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Metakognitif dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 13 Bone. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(4), 483–493. https://doi.org/10.31764
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.
Firdayanti, & Dkk. (2021). Pengaruh Model Problem Posing Terhadap Kemampuan Self Efficacy Siswa. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 147. https://doi.org/10.20527/edumat.v9i2.9554
Hondro, A., Saputra, A., & Sarumaha, M. (2023). TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi Biologi Siswa Kelas VII SMP Swasta Imanuel Teluk Dalam. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2)(2), 60–72. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas
Hatmawati, S. R., Rokhmat, J., & Kosim, K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(1), 22–29. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i1.284
Hani, I. (2020). Literature Review: Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Dan Motivasi Siswa Pada Materi Biologi Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiri. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(2), 51–59. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/861
Hapsara, A. S. (2020). Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Daring Sosiologi Melalui Pendekatan Problem Posing Berbasis Infografis. Ideguru?: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 9–19. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/download/170/179/
Imran, A., Gunawan, Djaja Gunawan, A., Nico Soenarjo, S., Jumantoro, A., hartanto, R., prastiyanto, D., Francisco, A. R. L., Larandipa, L. A., W, F. T. P., Triyanto, D., Adhitya Putra, D. K. T. (2019). Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Problem Posing Terhadap Keaktifan Belajar Murid Lelas IV SD Inpres 12/79 Tellangkere Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Bone. In Rabit?: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab (Vol. 1, Issue 1).
Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765
Lestari, D. A., Jumadi, O., & Faisal. (2024). Partisipasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi Dengan Pendekatan Flipped Classroom. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 1–12. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial
Leni, M., & Sholehun. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 66–74. https://unimuda.e-journal.id/jurnalbahasaindonesia/article/download/952/582
Mufidah, L. luk N. (2017). 276698-Memahami-Gaya-Belajar-Untuk-Meningkatkan-7924C83a (1). In Jurnal Perempuan dan Anak (Vol. 1, Issue 2, pp. 245–260).
Nurozakiyah, E., Rizky, F., & Sritresna, T. (2021). PLUSMINUS?: Jurnal Pendidikan Matematika Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa Antara Guided Inquiry dan Problem Posing. 1(1), 33–46.
Patimah, S., Setiani, A., & Mulyanti, Y. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Dengan Pendekatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 9(1), 62–74.
Syaifuddin, M. A., & Fahyuni, E. F. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Kurikulum Muatan Lokal di SMP Muhammadiyah 2 Taman. Palapa, 7(2), 267–285. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i2.358
Samosir, K. (2022). Penerapan Model Kooperatif Problem Posing Dalam Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMA Negeri 5 Tebo. PAEDAGOGY?: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 2(1), 45–50. https://doi.org/10.51878/paedagogy.v2i1.1058
Sau, K., Murti, W., & Nur, R. A. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 68–73.https://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial
Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33
Sasmita, R. S., & Harjono, N. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Posing dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3472–3481. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1313
Sari, S. P. (2020). Penggunaan Metode Make a Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 1(1), 19–24. https://doi.org/10.30596/ejoes.v1i1.4554
Septiani, M. D., Sukestiyarso, & Suyitno, A. (2023). Pembentukan Karakter dan Komunikasi Matematika Melalui Model Problem Posing Berbantuan Scaffolding Materi Segitiga. Kreano, 4(April), 41–49.
Wahyuni, S., Erwing, Ilham, M., & Febrianti, N. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Questioning, Organizing, Guide, Assess and Evaluate (QOGAE) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Binomial, 6(2), 142–154.
Wahyu Ariyani, O., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1149–1160. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.892
Yanti, K. (2022). Penerapan Model Problem Posing dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V MI Tumbrep Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. LAMBDA?: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Dan Aplikasinya, 2(2), 43–53. https://doi.org/10.58218/lambda.v2i2.270