PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MIPA 1 DI SMAN 2 MAROS

Penulis

  • khairianti sau universitas muslim maros

DOI:

https://doi.org/10.46918/bn.v7i1.2194

Kata Kunci:

naskah khairianti

Abstrak

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode Pre-Experimental. Jenis penelitian ini menggunakan perlakuan pada objek penelitian yang melibatkan satu kelas saja sebagai kelas eksperimen. Adapun sampel dari penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 26 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan dimana metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Pada pembelajaran materi pokok sistem reproduksi manusia, satu kelas diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Reciprocal Teaching. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 20 item yang telah divalidasi item. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Diketahui bahwa nilai preetest pada  siswa kelas XI MIPA 1 diperoleh skor tertinggi yaitu 70, skor terendah yaitu 20, skor rata-rata yang diperoleh 53,65 dengan standard deviasi 16,707. Nilai posttest pada siswa kelas XI MIPA 1 diperoleh skor tertinggi yaitu 95, skor terendah yaitu 75, skor rata-rata yang diperoleh 88,46 dengan standar deviasi 6,445. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 2 Maros pada Materi Pokok Sistem reproduksi manusia.

Referensi

Aris shoimin. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yokyakarta: AR-ruz media.
Belland, B.R. (2014). Scaffolding: Definition, current debates, and future directions. dalamJ.M. Spector, M.D. Merrill, J. Elen, & M.J. Bishop (Eds.), Handbook of research on educational communication and technology. New York:Springer.
Hayati, H. S. (2012). Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMK. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika FKIP UNPAS. Bandung.
Indri Nurwidya Seli. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocsl Teaching terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Talang Padang Tanggamuis. Lampung : UIN Raden Intan.
Rikatu Rohmah. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MIN 2 Blitar. Tulungagung : IAIN Tulungagung.
Sahab. Maulana. Rizki. 2014. The Use Of Reciprocal Teaching Procedure In Teaching Narrative Texts To Improve Students’ Reading Comprehension. Journal of English and Education, 2(2).
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2017. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pusaka.

Diterbitkan

2024-04-01

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MIPA 1 DI SMAN 2 MAROS. (2024). Jurnal Binomial, 7(1), 68-73. https://doi.org/10.46918/bn.v7i1.2194