PERBANDINGAN METODE RESITASI DAN METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PANA

  • Dina Deni Universitas Patompo
  • Mohammad Mulyadi Universitas Patompo
  • Nur Amaliah Akhmad Universitas Patompo
Keywords: naskah dina denni, metode resitasi, metode diskusi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Perbandingan Metode Resitasi Dan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pana. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu Analisis Deskriptif Uji Normalitas menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada penelitian ini, maka diperoleh beberapa kesimpulan bahwa: Model pembelajaran Metode Resitasi hasil untuk posttest 0% untuk kategori Sangat rendah, 0% siswa berada pada kategori Rendah, 0% Siswa berada pada kategori Sedang, 40% siswa berada pada kategori Sedang, 40% siswa berada pada kategori Rendah kategori Tinggi dan 60% Siswa berada pada kategori Sangat Tinggi.. Sedangkan Metode Diskusi pada data yang diperoleh untuk posttest terlihat bahwa tingkat skor hasil Rendah belajar siswa untuk posttest 0% untuk kategori Sangat rendah, 0% siswa berada pada kategori, 0% Siswa berada pada kategori, 0% Siswa berada pada kategori pada kategori Sedang, 48% siswa berada pada kategori Tinggi dan 52% Siswa berada pada kategori Sangat Tinggi. Menunjukkan bahwa hasil belajar biologi siswa meningkat di kelas setelah diterapkan Metode Diskusi. Berdasarkan Hasil analisis data dengan menggunakan uji Paired Samples Test. Taraf signifikansi 0,05 tampak bahwa nilai p (sig.(2-tailed) 0,000<0,05. Ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh perlakuan hasil belajar dengan menggunakan Metode Diskusi terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Pana Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi siswa yang diajar melalui metode diskusi lebik baik daripada siswa yang diajar dengan metode resitasi.

Author Biographies

Dina Deni, Universitas Patompo

Pendidikan Biologi

Nur Amaliah Akhmad, Universitas Patompo

Pendidikan Biologi

References

Aprilia, I., Nelson, N., Rahmaningsih, S., & Warsah, I. (2020). Implementasi Metode Pembelajaran Bervariasi pada Materi SKI di Madrasah Ibtidaiyyah. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 6(1). https://doi.org/10.19109/jip.v6i1.6026

Budiono, H., & Abdurrohim, M. (2020). Peran Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Komunikasi (communication) Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Teratai. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1). https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.589
MuqtakdirN. S., dkk. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Menyenangkan (Joyfull Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. 10(1), 102–116. https://doi.org/10.24252/jb.v10i1.29297
Pardede, D. L., Pardede, L., Siahaan, M., Parangin-angin, A., & Romauli Siahaan, R. D. (2023). Peran Guru dalam Meningkaatkan Minat Belajar Siswa menggunakan Metode Resitasi dan Metode Diskusi pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 37 Medan T.A 2021/2022. Journal on Education, 5(2). https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.852
Sugiyono. (2014). Buku - Sugiyono. In Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Syafrin, Y., Kamal, M., Arifmiboy, A., & Husni, A. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.111
Wibowo, D. A., & Hermawan, Y. (2014). Penerapan Metode Resitasi dan Diskusi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Galuh. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(3). https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i3.147
Wiguna, F. A. (2017). Pengaruh Metode Pemberian Tugas (Resitasi) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas IV SDN Mojoroto Kota Kediri. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(1). https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i1.25
Yulita, H. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektifitas Dan Motivasi Mahasiswa Dalam Menggunakan Metode Pembelajaran E-Learning. Business Management Journal, 10(1). https://doi.org/10.30813/bmj.v10i1.641
Published
2024-03-31
How to Cite
Deni, D., Mulyadi, M., & Amaliah Akhmad, N. (2024). PERBANDINGAN METODE RESITASI DAN METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PANA. Jurnal Binomial, 7(1), 61-67. https://doi.org/10.46918/bn.v7i1.2192
Section
Articles