PROFIL KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI EKOSITEM

  • Bungawati Bungawati IAIN Palopo
Keywords: ekosistem, konten sains, literasi sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengukur kemampuan siswa dalam mengerjakan soal berbasis literasi sains standar PISA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Madani Alauddin Makassar pada semester gasal tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian 25 siswa kelas XI MIA 3. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen soal pilihan ganda sebanyak sepuluh butir soal pada tiga aspek literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai perolehan tes literasi sains siswa sebesar 56% berada pada kategori rendah, dengan rincian rata-rata hasil perolehan pada tiap aspek yakni aspek proses sains sebesar 32% berada pada kategori rendah, aspek konten sains sebesar 44,8% berada pada kategori sedang, dan aspek konteks sains sebesar 35% berada pada kategori sedang. Penyebab rendahnya kemampuan siswa dalam mengerjakan soal yakni siswa terburu-buru dalam menyelesaikan soal, kemampuan untuk memaknai bacaan masih rendah serta kemampuan untuk berpikir kritis masih rendah.

References

Anderson, C. W. 2007. Handbook Of Research on Science Education: Perspectives on Science Learning. New York: Routledge Taylor & Francis Group.
Angraini, G. 2014. Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA kelas X di Kota Solok. Makalah di presentasikan pada Mathematics and Sciences Forum.
Bramantyo. (2020, 02 Maret). Kualitas Pendidikan Indonesia Disebut Tertinggal 128 Tahun dari Negara Maju. Okedukasi Okezone.
Budianto, A. (2021, 24 November). Pendidikan Berpikir Tingkat Tinggi Indonesiaa Tertinggal 20 Tahun dari Malaysia. Sindonews.
Bungawati, & Rahmadani, E. (2021). Kemampuan Mahasiswa PGMI dalam Mengembangkan Soal Berbasis Literasi Sains. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 81–88. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.284
Dichev, C., & Dicheva, D. (2017). Towards Data Science Literacy. Procedia Computer Science, 108(June), 2151–2160. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.05.240
Dinata, A. N., Adisendjaja, Y. H., & Amprasto, A. (2018). Pengaruh Field Trip terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Sikap terhadap Sains Siswa SMA pada Materi Ekosistem. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 1(1), 8–13. https://doi.org/10.17509/aijbe.v1i1.11449
Dwisetiarezi, D., & Fitria, Y. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran IPA Terintegrasi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1958–1967. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1136
Fadilah, F., Isti, S., Wida, T., Amarta, D., & Prabowo, C. A. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Pada Pembelajaran Biologi Menggunakan NOSLit. BioEdUIN : Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 10(1), 27–34.
Fraenkel, J.R., Norman, E.W. & Helen. H.h. 2012. How To Design and Evaluate Research In Education. New York: Mc Graw Hill.
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122
Hasan, E. N., Rusilowati, A., & Astuti, B. (2018). Analysis of Students Science Literacy Skills in Full Day Junior High School. Journal of Innovative Science Education, 7(2), 237–244. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/25825
Huryah, F., Sumarmin, R., & Effendi, J. (2017). Analisis Capaian Literasi Sains Biologi Siswa Sma Kelas X Sekota Padang. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 1(2), 72. https://doi.org/10.24036/jep.v1i2.70
Irani, N. V., Zulyusri, Z., & Darussyamsu, R. (2020). Miskonsepsi Materi Biologi Sma Dan Hubungannya Dengan Pemahaman Siswa. Jurnal Biolokus, 3(2), 348. https://doi.org/10.30821/biolokus.v3i2.823
Irwan, A. P. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pesrta Didik Ditinjau Dari Kemampuan Menyelesaikan Soal Fisika Di Sman 2 Bulukumba. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 15(3), 17–24. https://doi.org/10.35580/jspf.v15i3.13494
Murti, P. R., Aminah, N. S., & Harjana. (2018). The Analysis of High School Students’ Science Literacy Based on Nature of Science Literacy Test (NOSLiT). Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012003
Nofiana, M. (2017). Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP di Kota Purwokerto Ditinjau dari Aspek Konten, Proses, dan Konteks Sains. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 1(2), 77. https://doi.org/10.30595/jssh.v1i2.1682
Nofiana, M., & Julianto, T. (2018). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal. Biosfer : Jurnal Tadris Biologi, 9(1), 24. https://doi.org/10.24042/biosf.v9i1.2876
PISA. 2010. Assessment Framework Key Competencies in Reading, Mathematics and Science. OECD
Purwanto. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ridho, S., Ruwiyatun, R., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannya. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 10–15. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.194
Sammel, A. J. (2014). Science as a Human Endeavour: Outlining Scientific Literacy and Rethinking Why We Teach Science. Creative Education, 05(10), 849–857. https://doi.org/10.4236/ce.2014.510098
Sari, D. N. A., Rusilowati, A., & Nuswowati, M. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 2(2), 114. https://doi.org/10.24905/psej.v2i2.741
Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitianitian, 1(12), 2683.
Svensson, T., Wilk, J., & Gustafsson Åman, K. (2022). Information literacy skills and learning gaps– Students’ experiences and teachers’ perceptions in interdisciplinary environmental science. Journal of Academic Librarianship, 48(1), 102465. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2021.102465
Turiman, P., Omar, J., Daud, A. M., & Osman, K. (2012). Fostering the 21st Century Skills through Scientific Literacy and Science Process Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59, 110–116. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.253
Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592
Published
2024-03-31
How to Cite
Bungawati, B. (2024). PROFIL KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI EKOSITEM. Jurnal Binomial, 7(1), 43-50. https://doi.org/10.46918/bn.v7i1.2185
Section
Articles