PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN QUESTIONING, ORGANIZING, GUIDE, ASSESS & EVALUATE (QOGAE) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan dan daya literasi sains tiap peserta didik melalui proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pengembangan Plomp dengan design non-equivalent control group dengan fokus penelitian pada mata pelajaran Biologi kelas XI SMA Negeri 1 Bone semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA dengan jumlah siswa sebanyak 110 orang. Hasil analisis pengujian data tes literasi sains yang telah dilakukan menunjukkan penerapan model pembelajaran QOGAE (Questioning, Organizing, Guide, Assess dan Evaluate) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan literasi sains siswa. Model pembelajaran ini mampu memicu siswa untuk dapat berkolaborasi dengan sesamanya serta bekerja sama untuk menemukan konsep dan keterampilan sains dengan menghasilkan karya yang kreatif sehingga model pembelajaran QOGAE dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Respon yang positif dari guru dan siswa terhadap penerapan model pembelajaran QOGAE ini mendukung keberhasilan dalam membangun keterampilan literasi sains siswa.
References
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230
Fahmawati, D. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran “GREATER” pada Pembelajaran Kimia sebagai Upaya Penanaman Literasi Sains Siswa. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 01(01), 44–52. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Thabiea
Faridah, N. R., Afifah, E. N., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi dan Literasi Digital Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 709–716. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2030
Haryati, A., & Suwarma, I. R. (2018). ISSN: 2338-1027 Februari 2018 Profil Keterampilan Komunikasi Siswa SMP Dalam. Jurnal Wahan Pendidikan Fisika, 3(1), 49-54.
Komalasari, B. S., Jufri, A. W., & Santoso, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(2), 218-227.
Lapitan, L. D., Tiangco, C. E., Sumalinog, D. A. G., Sabarillo, N. S., & Diaz, J. M. (2021). An effective blended online teaching and learning strategy during the Covid-19 pandemic. Educational for Chemical Engineers, 35(May2020), 116-131.
Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul IPA berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan literasi sains siswa. Kwangsa: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 91.
Pan, G., Shankararaman, V., Koh, K., & Gan, S. (2021). The International Journal of Management education Students. Evaluation of teaching in the project-based learning programme: An instrument and a development process. The International Journal of Management Education, 19(2), 100-501.
Relmasira, S. C., Tyas, A., & Hardini, A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Leraning (PjBL), 3(3), 285-291.
Rohmaya, N. (2022). Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Socioscientific Issues (SSI). Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 107–117. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.553
Murti, W., Maya, S., & Lestari, P. (2022). Pengaruh Penggunaan Buku Pedoman Praktikum Ekologi Tumbuhan Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Binomial, 5(1), 13-24. https://doi.org/10.46918/bn.v5i1.1240
Nurtanto, M., Sofyan, H., Fawaid, M., & Rabiman, R. (2019). Problem Based Learning (PBL) in Industry 4.0: Improving Learning Quality Through Character-Based Literacy Learning and Life Career Skill (LL-LCS), 7(11), 2487-2494.
Logan, R. M., Jhonson, C. E., & Worsham, J. W. (2020). Development of an e-learning module to facilitate student learning and outcomes. Teaching and Learning in Nursing, 000, 7-10.
Madianti, I., Kasmantoni, K., & Walid, A. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA berbasis Etnosains Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Melatih Literasi Sains Siswa Kelas VII di SMP. Bio-Edu: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 98-107.
Utami, S. H. A., Marwoto, P., & Sumarni, W. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Aspek Konten, Proses, dan Konteks Sains. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 380–390. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i2.23802
Widayati, J. R., Safrina, R., & Supriyati, Y. (2020). Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal Obsesi:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 654.
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366