PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN IPA TERINTEGRASI MATERI GAMBUT
Abstract
Di era perubahan yang semakin cepat, pendidikan memiliki peran yang semakin penting untuk menghasilkan generasi yang berpengetahuan luas, terampil, serta peduli terhadap lingkungannya. Oleh karena itu, kualitas pembelajaran perlu ditingkatkan secara terus menerus salah satunya melalui pengembangan bahan ajar yang mengintegrasikan lingkungan setempat ke dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis proyek untuk pembelajaran IPA yang mengintegrasikan materi gambut. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang meliputi analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil validasi desain mendapatkan nilai 95,83% (sangat layak) dan validasi materi mendapatkan nilai 95,84% (sangat layak. Uji praktikalitas guru memperoleh nilai 97,5% (sangat praktis), uji kelompok kecil sebesar 87,284% (sangat baik), dan uji kelompok besar 85,33% (sangat baik). Uji efektivitas menggunakan uji t sampel berpasangan menunjukkan nilai Sig (2 tailed) sebesar 0,000 (<0,05). LKPD berbasis proyek terintegrasi gambut yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar serta dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa, serta mendukung pengembangan keterampilan abad 21.
References
Antala, M., Juszczak, R., van der Tol, C., & Rastogi, A. (2022). Impact of climate change-induced alterations in peatland vegetation phenology and composition on carbon balance. Science of the Total Environment, 827, 154294. https://doi.org/10.1016/j.scitotenv.2022.154294
Asi, M., Retnoningsih, A., & Irsadi, A. (2022). Interactive E-book Peat Ecosystem on Science Learning in Junior High School. Journal of Innovative Science Education, 11(37), 149–155. http://journal. unnes.ac.id/sju/index.php/jise
Azis, N. A. (2018). Profil Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kepribadian. Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 143. https://doi.org/10.33477/ mp.v6i2.666
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. USA: Springer.
Citradevi, C. P., Widiyatmoko, A., & Khusniati, M. (2017). The Effectiveness Of Project Based Learning (Pjbl) Worksheet To Improve Science Process Skill For Seven Graders Of Junior High School In The Topic Of Environmental Pollution. Unnes Science Education Journal, 6(3), 1677–1685. http://journal.unnes.ac. id/sju/index.php/usej
Darwis, R., & Hardiansyah, M. R. (2020). Pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 19(1), 1008–1018. https://doi.org/10.30863/ekspose.v1i1.752
Dewi, S. S., Uswatun, D. A., & Sutisnawati, A. (2020). Penerapan Model Inside Outside Circle Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran IPA di Kelas Tinggi. Jurnal Utile, 6(1), 86–91.
Dwiantoro, & Kusumandari. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Berbasis E-learning Elgg pada Model Project Based Learning Article History. Ijcets, 4(2), 49–57. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jktp
English, & Kitsantas. (2013). Supporting Student Self-Regulated Learning in Problem- and Project-Based Learning. Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning,7(2),127–150. http://10.0. 30.91/1541-5015.1339%5Cnhttp:// search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eue&AN=90663292&%5Cnlang=ko&site=ehost-live
Hariyadi, B., & Subagyo, A. 2021. Pengetahuan dan persepsi siswa mengenai gambut : Implementasinya dalam pembelajaran IPA di SMP. Laporan Penelitian Universitas Jambi.
Hariyanto, H., Yamtinah, S., Sukarmin, S., Saputro, S., & Mahardiani, L. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Terintergrasi Pendekatan STEM dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik di Salah Satu Sekolah Daerah Tangerang Selatan. Seminar Nasional Pendidikan Sains, (2014), 256–261. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/ index.php/snps/article/view/12848
Hasyim, A. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.
Hekmah, N., Wilujeng, I., & Suryadarma, I. G. P. (2019). Web-LKS IPA terintegrasi lingkungan untuk meningkatkan literasi lingkungan siswa Developing Science Web student worksheet integrated environment to enhance student environment literacy, 5(2), 129–138.
Jaco, S. H., Wardati, & Wawan. (2015). Makrofauna Tanah Perkebunan Kelapa Sawit (Elais Guineensis Jacq) Di Lahan Gambut Dengan Pemberian Bahan. JOM Faperta, 2(2), 10–14. https://doi.org/10. 3969/j.issn.1008-0813.2015.03.002
Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21? Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48. https://doi.org/ 10.25273/jpfk.v2i1.24
Meri, Y. N., & Wulan, A. R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning Menggunakan Pembelajaran Ipa Terpadu Tipe Webbed Dan Connected Pada Materi Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Kps. Edusains, 8(2), 128–135. https:// doi.org/10.15408/es.v8i2.1811
Murti, W., & Anas, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing (Talking Chips) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Biotek, 8(2), 80-94. https://doi.org/10.24252/jb.v8i2.16119
Murti, W., Maya, S., & Lestari, P. I. (2022). Pengaruh Penggunaan Buku Pedoman Praktikum Ekologi Tumbuhan Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Binomial, 5(1), 13–24. https://doi.org/10.46918/bn.v5i1.1240
Nurjanah, S., Dona, O., & Kusumadewi, F. (2013). Identifikasi Lokasi Penanaman Kembali Ramin (Gonystylus bancanus Kurz) di Hutan Rawa Gambut Sumatera dan Kalimantan. Jawa Barat: Forda Press.
Nuryadi, & Rahmawati, P. (2018). Persepsi Siswa Tentang Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Ditinjau dari Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 53–62.
Oktiana, C., Tjahjono, H., & Sriyono. (2017). Hubungan Tingkat Pengetahuan Konservasi Lahan Gambut Dengan Tingkat Partisipasi Petani Dalam Upaya Pencegahan Kebakaran Lahan Gambut Di Desa Gambut Jaya Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi Tahun 2017. Geo-Image, 6(2), 108–114. https://doi.org/10.15294/geoimage.v6i2.19024
Peprizal, & Syah, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Kuliah Fisika Modern. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4, 455–467. http:// repository.untad.ac.id/3668/
Pinem, T. (2016). Kebakaran Hutan Dan Lahan Gambut. Gema Teologika. GEMA TEOLOGIKA, 1(2), 139–166. https://doi.org/10. 21460/gema.2016.12.219
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Rusminiati, N. N., Karyasa, I. W., & Suardana, I. N. (2015). Dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Discovery Learning. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA, 5, 1–11.
Septikasari, R. dan R. N. F. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al Awlad, VIII, 107–117.
Setyosari, P. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yamasari, Y. (2010). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis ICT yang berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana, (979), 1–8.
Yuliani, R. (2023). Analisis kebutuhan lkpd berbasis pendekatan saintifik disertai latihan berpikir kritis pada materi jaringan hewan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 72–83.