PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KOLABORASI GURU DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Authors

  • Salasiah Salasiah Universitas Palangka Raya
  • Agus Haryono Universitas Palangka Raya
  • Wahyu Supriyati Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.46918/bn.v6i1.1728

Keywords:

Lesson Study, Critical Thingking Skills

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang baik berawal dari kesiapan perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk merancang perangkat pembelajaran secara kolaboratif antar guru dalam kegiatan Lesson Study, untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) berbasis Lesson Study yang terdiri dari rangkaian kegiatan Plan, Do, dan See. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun akademik 2022/2023  kelas 7.7 SMPN 6 kota Palangka Raya. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP, LKPD dan Penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid oleh validator dan observer dengan rata-rata nilai kevalidan 3,56 kategori valid. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan efektif berdasarkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata postest 80,17,  respon positif dari guru rata-rata skor 81,25 dan respon siswa dengan rata-rata skor 82,33 menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran praktis untuk digunakan. Kegiatan Lesson Study meningkatkan keterampilan kolaborasi guru dalam menyampaikan pendapat, memperhatikan guru lain, merespon guru lain dengan rata-rata skor 84,33 kriteria baik. Dengan demikian perangkat pembelajaran yang dihasilkan dapat diterapkan dalam pembelajaran karena memiliki kategori valid, efektif, dan praktis.

References

Amanda, A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Di Smp Negeri 1 Sei Bingai Ta 2017/2018. Doctoral dissertation, UNIMED.

Amir, M. F. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah kontekstual untuk meningkatkan kemampuan metakognisi siswa sekolah dasar. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1): 117-128. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.538.

Astari, Tri. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendekatan realistik untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD kelas IV. Jurnal Pelangi, 9 (2):150-160. https://doi.org/10.22202/jp.2017.v9i2.2050.

Baro'ah, S. (2020). Kebijakan merdeka belajar sebagai strategi peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1): 1063-1073.

Ekselsa, R. A., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Rekonstruksi dan Pengembangan Lembar Kerja Siswa pada Materi Plantae Submateri Spermatophyta dengan Pendekatan Keterampilan Proses ( Reconstruction and Development of Student Worksheets on the Spermatophyta Submaterial Plantae Material with a Process Skills Approach). BIODIK, 6(4): 507-518. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9505.

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen pembelajaran dalam kaitannya dengan peningkatan kualitas guru. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1): 69-84.

Fatmawati,A.(2016). Pengembangan perangkat pembelajaran konsep pencemaran lingkungan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah untuk SMA kelas X. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.23971/eds.v4i2.512.

Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1): 77-85. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609.

Haryono, A., Suatma, M., Savitri, S., & Araina, E. (2017). Critical Thinking and Activity Capabilities in Collaborative Learning Using Digital Media through Lesson Study in Zoology Subjects, In International Conference on Teacher Training and Education (ICTTE) : 284–289. https://doi.org/10.2991/ictte-17.2017.31.

Jaya, I. M., Sadia, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran biologi bermuatan pendidikan karakter dengan setting guided inquiry untuk meningkatkan karakter dan hasil belajar siswa SMP. Jurnal pendidikan dan pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Manurung, D. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self-Efficacy Siswa Smp Negeri 1 Lubuk Pakam (Doctoral dissertation, UNIMED).

Masnah, M., Syahmani, S., & Kusasi, M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Inkuiri Berbantuan Schoology untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengetahuan dan Keterampilan Metakognisi pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 1(3), 225-236.

Mayudana, I., & Sukendra, I. K. (2020). Analisis kebijakan penyederhanaan RPP: Surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 14 tahun 2019. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1): 62-70. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760682.

Minah, (2021). Pengembangan Bahan Ajar ELEMA – SCL untuk Meningkatkan Pemahaman Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa S-1 Pendidikan Biologi Universitas Palangka Raya. Tesis, Program Pasca sarjana Pendidikan Biologi, Universitas Palangka Raya. Palangka Raya.

Plantin, E. L. (2020). Enhancing teachers’ relational competence: a teacher lesson study.International Journal for Lesson and Learning Studies, 9(3). https://doi.org/10.1108/IJLLS-12-2019-0081.

Putri, M. H., Fahmi, F., & Wahyuningsih, E. (2021). Efektivitas perangkat pembelajaran IPA untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP pada materi pokok listrik statis. Journal of Banua Science Education, 1(2): 79-84. https://doi.org/10.20527/jbse.v1i2.

Rachmawati, A., Pristiwati, R., & Wagiran, W. (2020). Analisis Keselarasan Antar Komponen RPP pada Materi Teks Prosedur Kelas VII SMP. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 4(1): 62-70. http://doi.org/10.25273/linguista.v4i1.6378.

Rahayu, C., & Festiyed, F. (2019). Validitas perangkat pembelajaran fisika SMA berbasis model pembelajaran generatif dengan pendekatan open-ended problem untuk menstimulus keterampilan berpikir kritis peserta didik. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1): 1-6. https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1.5363.

Riyati, S. (2007). Sistem Pembinaan Profesional Guru Pendidikan IPA Melalui Lesson Study. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Sari, K. A., Prasetyo, Z. K., & Wibowo, W. S. (2017). Pengembangan lembar kerja peserta didik ipa berbasis model project based learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi peserta didik kelas vii. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 6(8): 4.

Sartyka, B., Mujib, A., & Mawengkang, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1): 35-46.

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2): 107-117.

Siahaan, T. M. (2020). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis pendekatan realistic mathematics education. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 5(2): 50-57.

Suciati, R., & Astuti, Y. (2016). Analisis rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mahasiswa calon guru Biologi. Edusains, 8(2): 192-200.

Susanto, J. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis lesson study dengan kooperatif tipe numbered heads together untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA di SD. Journal of Primary Education, 1(2).

Tinenti, Y. R. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dan Penerapannya dalam Proses Pembelajaran di Kelas. Deepublish.

Vidiarti, E., Zulhaini, Z., & Andrizal, A. (2019). Analisis Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Kurikulum 2013. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2).

Wijayanti, S., & Sungkono, J. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran mengacu model creative problem solving berbasis somatic, auditory, visualization, intellectually. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2): 101-110.

Wikanengsih, W., Nofiyanti, N., Ismayani, M., & Permana, I. (2015). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Studi terhadap RPP yang Disusun Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMP di Kota Cimahi). Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 2(1): 106-119.

Zagoto, M. M., & Dakhi, O. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika peminatan berbasis pendekatan saintifik untuk siswa kelas XI sekolah menengah atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1): 157-170.

Zubaidah, S. (2010). Lesson Study sebagai salah satu model pengembangan profesionalisme guru. Makalah Disampaikan pada Pendidikan dan Pelatihan Nasional dengan Tema Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Kegiatan Lesson Study.

Downloads

Published

2023-03-29

How to Cite

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KOLABORASI GURU DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. (2023). Jurnal Binomial, 6(1), 58-71. https://doi.org/10.46918/bn.v6i1.1728