HUBUNGAN MOTIVASI DAN KESADARAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI SMA NEGERI EMPAT BONE

  • Riski Seprida Universitas Pejuang Republik Indonesia
  • Etty Rosmiati Universitas Pejuang Republik Indonesia
  • Nurkhaerat Alimuddin Universitas Pejuang Republik Indonesia
Keywords: Motivasi Belajar, Metakognisi, Hasil Belajar

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah ex-postfacto. Dalam penelitian ini semua peserta didik kelas XI di SMA Negeri Empat Bone menjadi suatu populasi untuk pengambilan suatu data atau sampel, teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Purposive Sampling. Pada sampel ini terdapat besaran sampel 97 peserta didik kelas XI MIA dengan metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner motivasi belajar, kuesioner kesadaran metakognisi dan nilai tes hasil belajar. Pada penelitian ini uji korelasi dan regresi ganda digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini membuktikan suatu hasil motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri Empat Bone terdapat di kategori tinggi, sedangkan pada kesadaran metakognisi siswa kelas XI MIA SMA Negeri Empat Bone memiliki hasil yang tergolong tinggi. Serta hasil belajar Biologi siswa siswa kelas XI SMA Negeri Empat Bone juga memiliki hasil yang tergolong tinggi. Penelitian ini memiliki hubungan pada motivasi belajar, kesadaran metakognisi, serta hasil belajar biologi pada siswa kelas XI SMA Negeri Empat Bone.

References

Anshary, Muhammad. (2014). Perbedaan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Antara Siswa Yang Dibelajarkan Melalui Strategi Inkuiri Terintegrasi Model PBL dengan Strategi Inkuiri Terintegrasi Model Kooperatif Tipe Jigsaw, Tesis. Makassar: Pascasarjana UNM.

Daud, F. (2012). Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Biologi siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 19(2): 243-255.

Djamarah, S. B. 2011. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2): 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838.

Fitria, L., Jamaluddin., Artayasa, P, I. (2020). Analisis Hubungan antara Kesadaran Metakognitif dengan Hasil Belajar Matematika dan IPA Siswa SMA di Kota Mataram. Jurnal Kependidikan, Maret 2020. Vol.6, No.1 147-155. https://doi.org/10.33394/jk.v6i1.2302
.
Kurniawati, R., Leonardi, T., Psi, M., Psikologi, F., & Airlangga, U. (2013). Hubungan Antara Metakognisi dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Telp, 2(01):1-6.

Lin, Y. & Sugiarto, B. (2012). Korelasi Antara Keterampilan Metakognitif Dengan Hasil Belajar Siswa Di Sman 1 Dawarblandong, Mojokerto. Unesa Journal Of Chemical Education, 1 (2). https://doi.org/10.26740/ujced.v1n2.p%25p.

Parlan, P., Astutik, N. A. I., & Su’aidy, M. (2019). Analisis Pengetahuan Metakognitif Dan Kesadaran Metakognitif Peserta Didik Serta Hubungannya Dengan Prestasi Belajarnya Pada Materi Larutan Penyangga. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 4(1): 1–13. http://dx.doi.org/10.17977/um026v4i12019p001

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto, (2003). Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta. Purwanto. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Published
2023-03-29
How to Cite
Seprida, R., Rosmiati, E., & Alimuddin, N. (2023). HUBUNGAN MOTIVASI DAN KESADARAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI SMA NEGERI EMPAT BONE. Jurnal Binomial, 6(1), 84-90. https://doi.org/10.46918/bn.v6i1.1663