PENERAPAN MODEL SPJBL BERBASIS SUMBER DAYA LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH DAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA

  • Nurul Fajryani Usman Universitas Negeri Gorontalo
  • Nur Mustaqimah Universitas Negeri Gorontalo
  • Nurhayati Nurhayati Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: SPjBL, Penalaran Ilmiah, Pemecahan Masalah

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model SPjBL berbasis sumber daya lokal terhadap kemampuan penalaran ilmiah dan pemecahan masalah mahasiswa. Penelitian menggunakan kuasi eksperimental dengan desain pretest posttest nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari 54 mahasiswa yang menempuh mata kuliah Struktur Perkembangan Tumbuhan II semester gasal tahun ajaran 2019/2020 di Universitas Negeri Malang. Data hasil implementasi dianalisis dengan menggunakan uji analisis kovarian (Anakova) satu jalur. Instrumen yang digunakan adalah tes esai penalaran ilmiah dan tes esai pemecahan masalah yang telah divalidasi. Hasil analisisdata menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model SPjBL berbasis sumber daya lokal terhadap kemampuan penalaran ilmiah, dan pemecaham masalah mahasiswa

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Arbayah. (2013). Model Pembelajaran Humanistik. Dinamika Ilmu, 13(2), 204–220. https://doi.org/https://doi.org/10. 21093/di.v13i2.26

Asniar, A. (2016). Profil Penalaran Ilmiah dan Kemampuan Berargumentasi Mahasiswa Sains dan Non-Sains. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 30. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i1.428.

Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39–43. https://doi.org/10.1080/00098650 903505415

Carlina, E., & Djukri. (2018). Science Project-based Learning Integrated with Local Potential to Promote Student’s Environmental Literacy Skills. Advanced Journal of Social Science, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.21467/ajss.4.1. 1-7

Cintamulya, I. (2015). Peranan Pendidikan dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia di Era Informasi dan Pengetahuan. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 90–101. https://doi.org/http://dx.doi.org/1 0.30998/formatif.v2i2.89

Cooper, A. (2015). Nature and the Outdoor Learning Environment: The Forgotten Resource in Early Childhood Education. International Journal of Early Childhood Environmental Education, 3(1), 85. https://eric.ed.gov/?id=EJ110843 0

Fuadah, K., & Saptasari, M. (2016). Project Based Learning Bersumber Belajar Potensi Lingkungan Lokal Terhadap Pemahaman Konsep, Keterampilan Ilmiah, dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1),10–16. https://doi.org/http://dx.doi.org/1 0.17977/um052v8i1p10-16

Hernawati, D. (2018). Pengaruh Project Based Learning Berbantuan Bahan Ajar Berbasis Potensi Lokal terhadap Scientific Literacy, Keterampilan Proses Sains dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru pada Mata Kuliah Zoologi Vertebrata [Universitas Negeri Malang]. http://repository.um.ac.id/id/eprin t/64683

Jufri, A. W., Setiadi, D., & Sripatmi. (2016). Scientific reasoning ability of prospective student teacher in the excellence program of mathematics and science teacher education in University of Mataram. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 69–74. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i1. 5792

Kemenristekdikti.(2018). Mempersiapkan SDM Indonesia di Era Industri 4.0. Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi.

Makrufi, A., & Hidayat, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pokok Bahasan Fluida Dinamis. Jurnal Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 3(7), 878–881. http://journal.um.ac.id/index.php/ jptpp/

Sastrika, I. A. K., Wayan Sadia, I., & Wayan Muderawan, dan I. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Kritis. In Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA (Vol. 3). https://ejournal- pasca.undiksha.ac.id/index.php/ju rnal_ipa/article/view/799

Situmorang, R. P. (2016). Analisis Potensi Lokal untuk Mengembangkan Bahan Ajar Biologi di SMA Negeri 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Sains, 4(1), 51–57. https://doi.org/https://doi.org/10.2 6714/jps.4.1.2016.51-57

Titin, & Yokhebed. (2018). Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Calon Guru Biologi Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 9(1), 77–

https://doi.org/http://dx.doi.org/1 0.26418/jpmipa.v9i1.23701

Published
2023-03-29
How to Cite
Usman, N., Mustaqimah, N., & Nurhayati, N. (2023). PENERAPAN MODEL SPJBL BERBASIS SUMBER DAYA LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH DAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA. Jurnal Binomial, 6(1), 91-100. https://doi.org/10.46918/bn.v6i1.1649