IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA MELALUI PENERAPAN MODEL JIGSAW BERBASIS PETA KONSEP

  • Maria Paulin Saridewi Universitas Timor
  • Feliksitas Angel Masing Universitas Timor
  • Ni Putu Yuni Astriani Dewi Universitas Timor
Keywords: Model Jigsaw, Peta Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemahaman konsep mahasiswa pada mata kuliah Zoologi Invertebrata melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis peta konsep. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester genap kelas II A, Tahun Akademik 2020/2021 yang sedang mengikuti perkuliahan Zoologi Invertebrata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pretest dan posttest (kemampuan pemahaman konsep) mahasiswa dapat diketahui bahwa jumlah mahasiswa yang memperoleh nilai 60-75 sebanyak 3 orang, jumlah mahasiswa yang memperoleh nilai 50 – 59 sebanyak 8 orang, sedangkan 28 mahasiswa lainnya memperoleh nilai < 49. Jika dinyatakan dalam persentasi, maka hanya 7,7% mahasiswa yang memperoleh nilai 60-75, 20,5% mahasiswa memperoleh nilai 50-59, dan 71,8% mahasiswa yang memperoleh nilai < 49. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep mahasiswa sebelum diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw berbasis peta konsep tergolong rendah, karena persentasi jumlah mahasiswa yang mendapat nilai < 49 lebih besar dibanding persentasi jumlah mahasiswa yang mendapat nilai > 60. Data nilai postest menunjukkan bahwa jumlah mahasiswa yang memperoleh nilai < 50 sebanyak 5 orang, jumlah mahasiswa yang memperoleh nilai 50 – 59 sebanyak 4 orang, sedangkan 30 mahasiswa lainnya memperoleh nilai > 60. Jika dinyatakan dalam persentasi, maka 12,8% mahasiswa yang memperoleh nilai < 50, 10,26% mahasiswa memperoleh nilai 50-59, dan sisanya 76,92% mahasiswa yang memperoleh nilai > 60.

References

Agustin, R.R, dan Hermin Budiningarti. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Kegiatan Praktikum di Laboraorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siwa Pada Materi Gerak Kelas VII di SMA Negeri 2 Menganti. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (Online). ISSN: 2302-4496. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/5/article/view/387.

Adeliawati, dkk. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary School Education (IJPSE), 17-27.

Alimin. (2018). Menggali Keariafan Lokal Sumatera Selatan Melalui Pedestrian Jalan Jendral Sudirman. Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang, 238-248.

Al-Tabany, T. I. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.
Auva, A., Hambali, D., & Resnani. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SDN 01 Bengkulu Tengah. Juridikdas, 3(1), 61-68.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV. Kaaffah Learning Center.

Farika, A., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa dalam Muatan IPS Kelas V SDN Mlajah 1 Bangkalan. Jurnal Pendidikan IPS , 16-19.

Febriani, M. (2021). Ips Dalam Pendekatan Konstruktivisme (Studi Kasus Budaya Melayu Jambi). Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 61-66.

Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hapsari, E. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa. Scholaria, 7(1), 1-9.

Hendawati, Y., & Kurniati, C. (2017). Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Pada Materi Gaya dan Pemanfaatannya. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an , 15-25.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Dan Mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.

Jamaris, M. (2015). Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kanza, V., Kurniaman, O., & Witri, G. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Dua Dimensi Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas V SD Negeri 161 Pekanbaru. Jurnal Pajar, 877-882.

Kesumawati, N., & Aridanu, I. (2018). Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan. Palembang: NoerFikri Offset.

Khaatimah, H., & Wibawa, R. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2), 76-87.

Lefudin. (2017). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Maharani, F. I., & Taufina. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPS Siswa sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 586-592.

Marhayani, D. A., & Hendriana, E. C. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kompetensi Keterampilan dan Kompetensi Pengetahuan Siswa pada Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Singkawang. JPDI, 5(1), 24-27.

Maryani, & Suparno. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Minat Belajar IPS Siswa Sekola Dasar Negeri Mangunsari 02 Salatiga. JPSD, 272-284.

Mudyahardjo, R. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Murfiah, U. (2017). Pembelajaran Terpadu. Bandung: PT Refika Aditama.

Ningrum. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Berbasis Pemecahan Masalah (Problem Solving) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Semester Genap MAN 1 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 145-151.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah Jurnal Kajian Ilmi-Ilmu Keislaman, 333-352.

Parni. (2020). Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, Diplomasi dan Hubungan Internasional , 96-105.

Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Shoimin, A. (2020). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siska, Y. (2018). Pembelajaran IPS DI SD/MI. Yogyakarta: Garudhawaca.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, cv.

Suhada, I. (2017). Konsep Dasar IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprihatin, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Studi Masyarakat Indonesia Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 5(1), 84-94.

Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suyono, & Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Tsabit, D., Amalia, A. R., & Maula, L. H. (2020). Analisis Pemahaman Konsep IPS Materi Kegiatan Ekonomi Menggunakan Video Pembelajaran IPS Sistem Daring Di Kelas IV.3 SDN Pakujajar CBM. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 76-89.

Widyaningrum, M. D., & Harjono, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. JPPGuseda, 2(2), 57-60.

Wulandari, D. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ips Kelas Ii Sd Negeri Ii Kemloko Dengan Menggunakan Model Make A Match. Jurnal Taman Cendikia, 1(2), 113-120.
Published
2023-03-28
How to Cite
Saridewi, M., Masing, F., & Dewi, N. P. Y. (2023). IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA MELALUI PENERAPAN MODEL JIGSAW BERBASIS PETA KONSEP. Jurnal Binomial, 6(1), 12-21. https://doi.org/10.46918/bn.v6i1.1421

Most read articles by the same author(s)