Pengaruh Pelaksanaan Praktikum terhadap Hasil Belajar Biologi Konsep Animalia pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Maros

  • Nurul Mitha Eka Wardana Arsyad Mahasiswa Pendidikan Biologi, Universitas Muslim Maros
Keywords: Praktikum, Hasil Belajar, Konsep Animalia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pelaksanaan Praktikum Terhadap Hasil Belajar Biologi Konsep Animalia Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Maros. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan melaksanakan praktikum dan siswa kelas X MIPA 2 yang diberi perlakuan metode konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essai sebanyak 5 item yang telah divalidasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Perolehan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 86.06 dan kelas kontrol sebesar 81,63. Teknik analisis data yang dilakukan untuk uji normalitas adalah uji Shapiro-Wilk dan uji homogenitas menggunakan Levene Test, dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil uji-t diperoleh nilai Sig (2-tailed = 0.012) dan ½ α = 0,025, maka Sig (2-tailed) = 0,012 < ½ α = 0,025. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pelaksanaan praktikum terhadap hasil belajar biologi pada siswa.

References

Bony Irawan,Nevrita & Nazila Nurul 2017.analisis praktikum pada pembelajaran biologi kelas x man tanjung pinang tahun ajaran 2016-2017 . Tanjung Pinang Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Bungin, Burhan. 2011. Analisis Data Kualitatif. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Djamarah. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka

Moedjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran .Jakarta:PT Rineka Cipta

Nasution Sari Puspita 2014. Efektifitas Pembelajaran Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa Pada Materi Pokok Fotosintesis .Lampung :Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung

Rahayuningsi dan Dwiyanto. Pembelajaran laboratorium. Yogyakarta: pusat pengembangan pendidikan UGM, 2005

Rohim, Fathur, Susanto, Hadi dan Elianawati. 2012. Penerapan Model Discovery Terbimbing pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif. Unnes Physics Education,1 (1).

Rustaman, A. 2005. Pengembangan Kompetensi (Pengetahuan, keterampilan, Sikap, dan Nilai) Melalui Kegiatan Praktikum Biologi. Penelitian Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI Bandung.

Rustaman 2011. Metode Pembelajaran Praktikum Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Multimedia Di Sekolah Menengah Kejuruan (Studi Kasus Siswa Kelas X di SMK Negeri 11 Cimahi). (Skripsi). Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Soekarno. 1981. Peranan Tugas Praktek Kelompok (TPK) Dalam Pendidikan IPA. Bandung: PPPG IPA

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran disekolah Dasar.Jakarta : Prenada Media

Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pres.

Suryaningsi Yeni 2017 .Pemelajaran berbasis praktikum ssebagai sarana siswa untuk berlatih menerapkan keterampilan proses sains dalam materi biologi jurnal bio education vol 2 , nomor 2 hlm 49-57

Sharpe, R. 2012. Secondary School Sudents Attitudes to Practical Work in School Science. University of York. London. 426 hlm.

Suparno, P. 2007. Metode Pembelajaran Fisika. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Published
2019-12-03
How to Cite
Arsyad, N. (2019). Pengaruh Pelaksanaan Praktikum terhadap Hasil Belajar Biologi Konsep Animalia pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Maros. PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros, 1, 229-235. Retrieved from http://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/384