Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make a Match terhadap Hasil Belajar Biologi pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia Peserta Didik

  • Muliani Muliani Mahasiswa Pendidikan Biologi, Universitas Muslim Maros
Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Make a Match, Hasil Belajar

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia Peserta Didik Kelas XI MIPA di SMA Negeri 5 Tanralili Maros. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 5 Tanralili Maros sebanyak 93 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan observasi langsung dimana kelas yang terpilih yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. kelas eksperimen diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif make a match sedangkan kelas kontrol diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes essay sebanyak 5 butir soal yang telah divalidasi oleh validator ahli. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif make a match adalah 83,72 lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional yaitu 78,83. Adapun hasil analisis inferensial uji t sampel independendiperoleh ttabel ≤ thitung karena 0,004≤ 3,019. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif make a match terhadap hasil belajar biologi pokok bahasan sistem reproduksi manusia peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Tanralili Maros.

References

Amna Emda. 2017. Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan. Volume 5, Nomor 2, hal 173-174

Autaupah, D. A., Triani Liliek., Wahyuni Sri. 2018. Peningkatan hasil belajar biologi materi sistem gerak melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match siswa kelas XI IPA SMAN 8 Malang. Jurnal Pendidikan. Volume 4, Nomor 1, hal 13.

Ali, Sidin Khaeruddin. 2012. Evaluasi pembelajaran. Makassar: Badan penerbir UNM

Erlangga. 2014.Biologi untuk SMA/ MA Kelas XI Kurikulum 2013. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Kusuma, A. P., khoirunnisa, A. 2018. penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan team games tournament terhadap hasil belajar.Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 2, Nomor 1, hal 3.

Kusdiantara, A. 2015. Prinsip Prinsip Belajar. Di unduh di https://www.academia.edu/16494163. Di akses Tanggal 27 desember 2018.

Nasir, A. Muhajir. 2016. Statistik pendidikan. Makassar: Media Akademi

Prawirohartono, S. 2004. Biologi Sains 2.A untuk Kelas 2 SMP Kurikulum 2004. Jakarta: PT Bumi

Putri, I.P., Hidayat, H., Sari, R..T. 2017 Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 01 Koto Tuo kabupaten lima puluh kota.Skripsi. Padang: Program Pasca Sarjana Universitas Bung Hatta

Prasetya, T. I. 2012. Meningkatkan keterampilan menyusun instrumen hasil belajar berbasis modul instrumen bagi guru IPA SMPN Kota Magelang.Skripsi. Semarang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Semarang.

Rahmawati, S. E. 2017. Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 6 Metro Barat.Skripsi. Lampung: Program Pasca Sarjana Universitas Lampung Bandar Lampung

Riyantika, V. D. 2016. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X3 SMA Pengudi Luhur pada materi protista. Skripsi. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Sartini. 2014. Peningkatan Aktivitas Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture kelas IV.Skripsi. Pontianak: Program Pasca Sarjana Universitas Tanjungpura.

Sulastri, Imran & Arif, F. 2010. Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran pada mata pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya.Jurnal Kreatif Tadolako OnlinVolume 3, Nomor 1, hal 92.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet

Sudjana Nana. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Published
2019-12-03
How to Cite
Muliani, M. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make a Match terhadap Hasil Belajar Biologi pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia Peserta Didik. PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros, 1, 224-228. Retrieved from http://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/383