Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Terpadu (Biologi) Studi pada Materi Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Maros

  • Sri Rizkianti Mahasiswa Pendidikan Biologi, Universitas Muslim Maros
Keywords: Inkuiri Terbimbing, Minat Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Jenis penelitian ini yaitu menggunakan Penelitian Eksperimen (experimental), Penelitian experimen adalah penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan, kondisi yang terkendalikan di maksud adalah adanya hasil penelitian dikonversikan ke dalam angka– angka, untuk analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis, Desain Penelitian yang digunakan adalah Matching Pretest –Posttest Control Group Design dengan satu macam perlakuan. Desain penelitian ini merupakan rencana dan struktur penelitian yang disusun sedemikian rupa, sehingga akan dapat memberikan jawaban terhadap pertanyaan, mengontrol, dan mengendalikan varian.Teknik Pengumpulan Data Pada penelitian ini peneliti menggunakan observasi , tes dan angket untuk mengumpulkan data penelitian. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik Deskritif dan inferensial karena data akan digeneralisasikan untuk populasi. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan t-test (uji t), namun sebelum dilakukan pengujian, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis untuk mengetahui normalitas dan homogenitas varians.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Terpadu (Biologi) Studi pada Materi Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Maros, serta kecenderungan minat belajar siswa dan hasil belajar siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara undian, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 3, dan X MIPA 4 dengan jumlah siswa 69 orang. Hasil penelitian membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Terpadu (Biologi) Studi pada Materi Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Maros Dilihat dari Hasil Uji menggunakan one sampletest didapatkan Nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Artinya semakin menarik model pembelajaran yang diterapkan maka minat dan hasil belajar siswa juga akan semakin meningkat.

References

Anam Khoirul, M. A. 2015, Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 2010. Jakarta: Rineka Cipta.

Abdul Aziz, Hamka. 2012. Karakter Guru Profesional. Jakarta: al-Mawardi Prima.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dporter, et al. 2001. Quantum Teaching. Bandung: Mian.

Fudyartanto. 2002. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Global Jakarta.

Gredler, M. E. 2011. Learning and instruction: Teori dan aplikasi(edisi keenam). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hartono, Rudi. 2013. Ragam Model Mengajar yang mudah Diterima Murid. Yogyakarta: Diva Press.

Isjoni. 2013. Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru dalam menentukan Model Pembelajaran). Medan: Media Persada.

Jacobsen, David A,. Eggen,Paul, and Kauchak,Donald. 2009. Methods For Teaching, Metode-metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA. Edisi ke 8. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Joyce,weil. 2011. Models of Teaching (Model-model Pengajaran). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Killen, Roy. 1998. Effective Teaching Strategis. Australia Social Science Press.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan kemampuan awal. Jakarta: Delia Press.

Nasir, A. Muhajir. 2016. Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.

Orlich,et. ai 2015. Teaching Strategis: a Guide to Effective Instruction. Austaralia. United Kingdom: Wadsworth Cengage Learning.

Permendikbud. 2015. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh pendidik dan satuan Pendidikan Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Renika Cipta.

Sudirman, 1992. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada Jakarta.

Sudjana Nana, 2012. Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Menagajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2012. Akuntasi Manajemen. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutikno,Wahyudin. 2010. Keefektifan Pembelajaran Berbantuaan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 6 (2010):58-62. Jurusan Fisika, FMIPA Universitas Negeri Simbang.

Syarifuddin dan Irwan Nasution. 2014. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Quantum Teaching.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif:Konsep ,Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Winatputra. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan dalam Prespektif pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa:gagasan, Intrumental dan praksis. Bandung: Widya Aksara Press.

Winkel. WS 2005. Bimbingan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Published
2019-12-02
How to Cite
Rizkianti, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Terpadu (Biologi) Studi pada Materi Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Maros. PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros, 1, 212-218. Retrieved from http://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/381