Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reverse Jigsaw Berbantukan Media Macromedia Flash 8 terhadap Hasil Belajar Biologi

  • Fitriana Fitriana Mahasiswa Pendidikan Biologi, Universitas Muslim Maros
  • Pertiwi Indah Lestari Universitas Muslim Maros
  • Ince Nasrullah Universitas Muslim Maros
Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Reverse Jigsaw

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reverse Jigsaw Berbantukan Media Macromedia Flash 8 Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Maros. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui bagiamana pengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Reverse jigsaw berbantukan media Macromedia Flash 8 dan model pembelajaran konvensional pada kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Maros pada materi sistem reproduksi manusia. Pengambilan sampel dilakukan secara Random Sampling yakni siswa dari kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 5 SMA Negeri 4 Maros tahun pelajaran 2018/2019. Pembelajaran materi pokok sistem reproduksi manusia, satu kelas diberikan perlakuan, sedangkan kelas lainnya menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen dalam penelitian adalah essay test sebanyak 10 pertanyaan yang telah divalidasi. Data penelitian ini dianalisis secara deksriptif dan inferensial. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang diberikan perlakuan dengan nilai rata-rata 82,44 dan standar deviasi 10,848, sedangkan siswa kelas kontrol dengan rata-rata nilai 70,91 dan standar deviasi 9,423. Berdasarkan uji t sampel independen diperoleh ttabel < thitung dengan nilai 1,999 < 4,540. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran menggunakan pembelajaran kooperatif Reverse Jigsaw berbantukan media Macromedia Flash 8 dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Maros pada materi sistem reproduksi manusia.

References

Lestari, P.I., 2017. Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Otomotif SMK Negeri 2 Maros. Jurnal Kompetensi, 11(1), pp.45-52.

Meltzer, D. 2002. The Relationship In Physics And Other Sciense: The Need For Special Science Courses For Teachers. American Journal Physics, 58 (8). Hal 734-741

Muldayanti, N.D. 2013. Pembelajaran Biologi Model STAD Dan TGT Ditinjau Dari Keingintahuan Dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.JPII 2 (1), 12-17.

Nasir, A. M. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Pengajaran Langsung yang Melibatkan Media Animasi. Jurnal Kompetensi, 11(1), 1-10.

Nasir, A. Muhajir. 2016. Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyanti, Erna., Thoyyar, H., Firdaus, A.H, dkk. 2017. Penggunaan Metode Pembelajaran Reverse Jigsaw Sebagai Upaya Untuk Menignatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Bumi dan Alam Semesta. Jurnal Studi pendidikan Islam. Volume XIV, No. 1, hal. 49-59.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/BiologiDiakses pada tanggal 25 Desember 2018.

Published
2019-12-02
How to Cite
Fitriana, F., Lestari, P., & Nasrullah, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reverse Jigsaw Berbantukan Media Macromedia Flash 8 terhadap Hasil Belajar Biologi. PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros, 1, 198-204. Retrieved from http://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/378