Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Biasa Ulangan Tengah Semester Buatan Guru Biologi Kelas X SMA Negeri 3 Maros
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal pilihan ganda Ulangan Harian Tengah Semester Kelas X MIPA 5 SMA Negeri 3 Maros. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik analisis. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 5. Instrumen penelitian ini yang digunakan lembar soal dan lembar jawaban siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, dan teknik wawancara. Kemudian untuk proses analisis butir soal dilakukan dengan menggunakan program AnatesV.4 dimana program tersebut akan menganalisis butir soal dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektifitas pengecoh yang kemudian akan menyimpulkan kualitas butir soal. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kualitas butir soal tes pilihan ganda Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri 3 Maros Tahun Ajaran 2018/2019 dari soal 30 butir soal pilihan ganda ditinjau dari segi validitas menunjukkan 11 butir soal (36 %) dinyatakan valid dan 19 butir soal (63%) dinyatakan tidak valid. Ditinjau dari segi reliabilitas termasuk dalam interprestasi nilai r yaitu rendah. Daya pembeda item mununjukkan soal yang jelek sebanyak 3 soal (10%), cukup 4 soal (13,3 %), baik 6 soal (20%) dan baik sekali 1 soal (3,3%). Tingkat kesukaran item menunjukkan soal yang terlalu sukar 14 soal (46,6 %), sedang 7 soal (23,3 %) dan terlalu mudah 9 soal (30%). Efektifitas pengecoh sebanyak 2 butir soal (6,6%) masuk dalam kategori sangat baik, 7 butir soal (23,3 %) masuk dalam kategori baik, 8 butir soal (26,6%) dan 12 butir soal (40%) masuk dalam kategori kurang baik. Soal ulangan harian tengah semester dapat disimpulkan yaitu memiliki validitas yang rendah, reliabilitas rendah, tingkat kesukaran kurang baik, daya pembeda baik dan efektifitas pengecoh kurang baik.
References
Azwar, S. 1996. Tes prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Arifin, Z. 2009. Evaluasi pembelajaran: prinsip, teknik, prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Zainal, 2014. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur, Remaja Rosdakarya: Bandung
Arikunto, 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Suharsimi. 2013. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Basuki, I., & Hariyanto. 2014. Asesmen pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Basuki, I. & Hariyanto. 2015. Assesmen Pembelajaran (N.N. Muliawati, Ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Endrayanto, H.Y.S., & Harumurti, Y.W. 2014. Penilaian belajar siswa di sekolah. Yogyakarta: PT Kanisius.
Hamzah, A. 2014. Evaluasi pembelajaran matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Jihad, A., & Haris, A. 2012. Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kunandar. 2014. Penilaian autentik (penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan kurikulum 2013).Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Kusaeri. 2014. Acuan & teknik penilaian proses & hasil belajar dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Majid, A. 2014. Penilaian autentik proses dan hasil belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N. 2009. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sudijono, A. 2011. Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Zainal Arifin. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.