Kelong dalam Perspektif Pernyataan dan Arsif Michel Foucault

  • Muhammad Ali Universitas Muslim Maros
Keywords: Kelong, Perspektif, Arsif Michel Foucault

Abstract

Dalam kaitannya dengan pandangan Foucault tentang arsif dan pernyataan, penulis mencoba melukiskan bagaimana kelong sebagai sebuah dokumen yang merupakan rekaman cerminan kehidupan orang-orang Makassar, baik dalam kehidupan masa lampau maupun dalam kehidupan masa sekarang. Kelong mendapat tempat yang istimewa dalam lubuk jiwa orang Makassar, bahwa segala suka dan duka kehidupan orang Makassar dilukiskan dalam kelong. Kata-kata atau simbol-simbol kebahasaan yang memiliki arti tersendiri, bila diinterpretasi oleh yang membacanya atau kata-kata dan simbol-simbol yang ditemukan itu dapat dimengeti secara langsung oleh siapa saja yang memiliki latar belakang bahasa yang sama dianggapnya juga sebagai sebuah pernyataan.

References

Basang, Djirong. 1988. Taman Satra Makassar. Ujung Pandang. CV Surya Agung.

Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud. 1882. Pedoman Tata Persuratan dan Kearsipan Dalam Lingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Sekretariat Jenderal.

Faucault Michel, 1971. Kritik Wacana Bahasa. Terjemahan oleh Inyiak Ridwan Muzir. Yokyakarta: IRCiSoD

Faucault Michel, 1976. Arkeologi Pengetahuan. Terjemahan oleh H. M. Mochtar Zoerni. Jakarta: Penerbit Qalam.

Hakim, Zainuddin, dkk. 1998. Nilai dan Manfaat Paruntuk Kana. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Leech, Geoffrey. 1981. Semantics the Stuy of Meaning. Second Edition. Middlesex, England: Penguin Books Ltd.

Palmer E., Richard. 2005. Hermenutika Teori Baru Mengenal Interpretasi. Terjemahan oleh Musnur Hery & Damanhuri Muhammad. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Widjaya, A.W. 1986. Administrasi Kearsipan Suatu Pengantar. Jakarta: CV Rajawali.

Published
2019-12-01
How to Cite
Ali, M. (2019). Kelong dalam Perspektif Pernyataan dan Arsif Michel Foucault. PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros, 1, 165-174. Retrieved from http://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/369