Implikasi Pelajaran Pendidikan Islam terhadap Afeksi Peserta Didik

  • Suardi M. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Handayani
Keywords: Pendidikan Islam, Afeksi

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui apakah pelajaran pendidikan Islam memiliki implikasi terhadap afeksi peserta didik pada aspek moral dan etika. Jika memiliki implikasi maka sejauh mana implikasi itu terhadap peserta didik yang dinilai berdasarkan hasil implementasi afeksi tersebut melalui tindakan. Penelitian ini mengambil lokasi pada Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Bulukumba dengan metode kualitatif deskriptif dan teknik penarikan sampel menggunakan teknik purposive dan snowball sampling. Data pada penelitian ini, dikumpulkan menggunakan teknik oberservasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner yang kemudian di analisis dengan langkah reduksi, penyajian lalu verifikasi untuk penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan fakta bahwa pelajaran pendidikan Islam disekolah pada aspek moral dan etika tidak berimplikasi secara penuh dengan baik pada afeksi peserta didik. Afeksi peserta didik seperti moral dan etika lebih cenderung berasal budaya lingkungannya sehingga afeksi moral dan etika peserta didik terimplikasi dari budayanya yang telah ada dan berkembang seiring dengan berulang kalinya budaya tersebut dilakukan oleh peserta didik meskipun kebenaran pengetahuannya dikonfirmasi melalui pengetahuan pendidikan Islam disekolah.

References

Anis, Ibrahim, Al-Mu’jam Al Wasith, Mesir : Darul Ma’arif, 1972.

Fahham, Achmad Muchaddam. Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Afeksi Di Kota Yogyakarta. Aspirasi, Vol. 3, No. 1, 2012.

Hidaya, Tatang, dan Asyafah, Abas. Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Al-Tadzkiyyah : Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 10, No 1, 2019.

Imam Ghazali. Ihya’ Ulumiddin, Jilid 3. Singapura : Pustaka Nasional Singapura, 2003.

Mansur. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta : Pustaka Belajar, 2009.

Marimba, A. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung : PT. Al Ma’arif, 2001.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta, 2008.

Uhbiyati, Nur. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung : CV Pustaka Setia, 2008.

Zuhairini, dkk. Metode Khusus Pendidikan Agama. Surabaya : Usaha Nasional, 2003.

Zuhri, Achmad. Upaya Guru PAI Dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran Ranah Afektif Di SMAN 1 Bae Kudus Tahun 2017. Quality, Vol. 5, No. 2, 2017.

Published
2019-12-01
How to Cite
M., S. (2019). Implikasi Pelajaran Pendidikan Islam terhadap Afeksi Peserta Didik. PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros, 1, 128-131. Retrieved from http://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/363