Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Tipe Giving Question and Getting Answer terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sendana

  • Rismawati Rismawati Universitas Sulawesi Barat
  • Nurmiati Nurmiati Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Model Pembelajaran Active Learning Tipe Giving Question and Getting Answer, Hasil Belajar Biologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar biologi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Active Learning Tipe Giving Question And Getting Answer. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan bentuk nonequivalen control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sendana tahun ajaran 2019/2020. Dimana kelas XI. IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI. IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan perhitungan statistik. Analisis uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t (independen samples test) dengan nilai hasil thitung > ttabel (3,378 > 1,996) yang berarti menolak H0 dan menerima H1. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Active Learning Tipe Giving Question And Getting Answer ada pengaruh dengan hasil belajar biologi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif biasa.

References

Anderson, Lorin, dkk. 2010. Kerangka model pembelajaran Problem Basid Learning untuk meningkatkan hasil belajar. (Online) Jurnal Edio Bio Tropika, volume 3, nomor 2, oktober 2015, hlm. 51,97. Diakses pada tanggal 25-maret-2019.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Handayani, 2007. Hakekat Pembelajaran Biologi. (Online). eprints.uny.ac.id/9549/3/bab%202%20%2008304244001.pdf (Diakses pada tanggal 20 Desember 2018).

Hikmah, Nur. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Tipe Giving Question And Getting Answer Terhadap Hasil Belajar IPA Terpadu Peserta Didik Kelas VIII MTsN Tinambung. Majene: Prodi Pendidikan Biologi. FMIPA Unsulbar.

Lestari, Karunia Eka, 2015. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Rafika Aditima.

Majid, Abdul, 2016, Strategi Pembelajaran, Bandung: Pt Remaja Rosdakarya Ni

Marx, Melvin H. 2012. Psikologi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Retnawati, Heri. 2016. Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Riduan, 2004. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfa beta

Sanjaya, Wina. 2005. Pengaruh Penggunaan Strategi Giving Question And Getting Answers Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. (Online). H laila-palapa, 2016- neliti.com pdf. diakses pada tanggal 03 Januari 2019.

Setyawati, 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Aktif Strategi Giving Question And Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TAV Pada Standar Kompetensi Membuat Rekaman Audio Di Studio Di SMK Negeri 3 Surabaya (Online). Jurnalmahasiswa. unesa.ac.di pdf. diakses pada tanggal 14 Januari 2019.

Siregar, Syofian, 2017, Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Bumi Aksara

Sudarisman, Suciati. 2015. Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. 2(31-32), (Online). Jurnal Florea. e-journal.unipma.ac.id/index. php/JF/article/viewFile/403/374 (Diakses hari Selasa tanggal 01 Januari 2019).

Sudjana. 2006. Meningkatkan Keterampilan Menyusun Instrumen Hasil Belajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Guru-guru IPA SMP Negeri Kota Magelang. (Online). http:/ / journal.unnes.ac.id/sju/idex.php/jere pdf. diakses pada tanggal 13 Januari 2019.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori and Aplikasi Pikem. Yokjakarta: Pustaka Belajar.

Syah, Muhibbin. 2014. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Umayah, Nurul. 2013. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question And Getting Answer Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Pokok Virus Kelas X DI SM Muhammadiyah 4 Yogyakarta (Online). http:/ / journal.unnes.ac.id/sju/idex.php/jere pdf. diakses pada tanggal 13 Januari 2019.

Uno, Hamzah B. 2012. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Yunus, Muh. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answers Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bajeng (Studi pada Materi Pokok Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi) (Online). ojs.unm.ac.id pdf. diakses pada tanggal 14 Januari 2019.

Zaini, Hisyam. 2009. Pengaruh Penggunaan Strategi Giving Question And Getting Answers Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. (Online). H laila-palapa, 2016- neliti.com pdf. diakses pada tanggal 03 Januari 2019.

Published
2019-12-01
How to Cite
Rismawati, R., & Nurmiati, N. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Tipe Giving Question and Getting Answer terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sendana. PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros, 1, 102-109. Retrieved from http://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/360