Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Pendekatan Problem Solving pada Murid Kelas V SDN Sudirman III Makassar

  • Nur Afni Universitas Islam Makassar
Keywords: Peningkatan Hasil Belajar IPS, Pendekatan Problem Solving

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS murid kelas V SDN Sudirman III Makassar dengan menggunakan pendekatan problem solving. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan tahapan-tahapan pelaksanaan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi secara berulang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama dua siklus, dengan penerapan problem solving.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: Pembelajaran dengan pendekatan problem solving memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar IPS dan terjadi perubahan sikap yang positif bagi murid kelas V SD Negeri Sudirman III Makassar selama pelaksanaan tindakan. Hal ini dapat terlihat pada hasil belajar IPS murid kelas V SD Negeri Sudirman III Makassar melalui pembelajaran pendekatan problem solving mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar IPS pada siklus I adalah 61,40 kemudian meningkat menjadi 88,40 dari skor ideal yang munkin dicapai setelah dilaksanakannya tindakan kelas pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar murid kelas V SD Negeri Sudirman III Makassar meningkat, karena pada pelaksanaan siklus I dari 38 murid sebanyak 20 murid (62,50 %) mencapai ketuntasan hasil belajar IPS.Sedangkan pada siklus II,31 murid (81,60 %) mencapai ketuntasan hasil belajar IPS.

References

Ali, Muhammad. 1987. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono.1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djadir dan Nurdin. Problem Solving Dalam Pembelajaran IPS, Vol. 4, No 2, Januari 2003.

Fathurrohman, Pupuh. 2007. Strategi Belajar Mengajarar. Bandung: Refika Aditama.

Fitriani, Sitti. Pendekatan Problem Solving Berlatar Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Bina Aksara

Handayani, Yuyun. 2007 Meningkatkan Kemampuan Problem Solving IPS Melalui Pendekatan Problem Solving Secara Berkelompok Pada Murid Kelas III SLTP Negeri 33 Makassar. Skripsi FEIS UNM Makassar.

Haryati, Minim. 2007. Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.

Mulyasa, Enco. 2005. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhibbin. 2000. Proses Belajar Mengajar dan Jenis-Jenisnya. Bandung: Bumi Aksara.

Sanuarti, 2000 . Pengaruh Model pembelajaran STAD Terhadap Prestasi Belajar IPS Murid Kelas 5 SD Negeri 3 Watangsoppeng. Skripsi. FIP UNM Makassar.

Sitti. 2004. Pengajaran dengan Pendekatan

Sudjana. 2000. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung:Sinar Baru.

Sutiarto, Sugeng. 2000. Problem Solving: Strategi Efektif Meningkatkan Aktivitas Murid Dalam Pembelajaran Dengan Pendekatan Problem Solving. Prosiding Konperensi Nasional X ITB. Vol. 6: 629-633.

Published
2019-12-01
How to Cite
Afni, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Pendekatan Problem Solving pada Murid Kelas V SDN Sudirman III Makassar. PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros, 1, 88-94. Retrieved from http://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/358