Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPS Siswa SD Negeri Bontojai Kota Makassar

  • Irfandi Idris Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syarifuddin Cn. Sida Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Idawati Idawati Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: PBL, Keterampilan Proses, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya keluhan siswa terhadap pembelajaran yang selama ini dirasa sangat membosankan khususnya pada mata pelajaran IPS. Guru lebih menekankan pada hafalan dan pembelajaran rutin dengan mengandalkan buku paket, siswa kurang dididik untuk berpikir berdasarkan apa yang telah ia dapatkan dalam pembelajaran. Hal ini sangat mempengaruhi hasil belajar siswa terhadap materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan proses dan hasil belajar IPS siswa pada tema pahlawan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 56 siswa dengan populasi seluruh siswa SD Negeri Bontojai Kota Makassar. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling atau sampel yang disengaja, sampel yang digunakan yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian dan wawancara. Pengolahan data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan bantuan software SPSS 20.0 for windows dengan melakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh rata-rata nilai pretest kelas eksperimen 67,50 dan kelas kontrol 46,35. Nilai uji normalitas pretest yang diperoleh kelas eksperimen 0,009 dan kelas kontrol 0,083 untuk uji homogenitas pretest memiliki nilai signifikan 0,125. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 90,71 dan kelas kontrol 79,61 normalitas posttest kelas eksperimen 0,229 dan kelas kontrol 0,282 sedangkan homogenitas posttest kedua kelas 0,563 dan untuk nilai uji-t posttest memiliki signifikansi 0,006. Hasil wawancara diperoleh jawaban positif siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model problem based learning dapat meningkatkan keterampilan proses hasil belajar IPS siswa terhadap materi pembelajaran.

References

Arends, Richard I. 2013. Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar) Edisi Kesembilan Buku II. Alih Bahasa oleh Made Frida Yulia. Jakarta: Salemba Humanika.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dahar, Ratna W. 2006. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Depdiknas. 2005. Kurikulum SMA: GBPP Mata Pelajaran Fisika Kelas I, II, III. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati, dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Eng Tek, O., dkk. 2011. The Development and Validation of an All-Encompassing Malaysian-Based Science Process Skills Test for Secondary Schools. Journal of Science and Mathematics Education in Southernm Asia. 34 (2). 203-236.

Giancoli, Douglas C.2001.Fisika Jilid 1 Edisi Kelima. Jakarta:Erlangga.

Johnston, Jennifer. 2010. Constructivism: Its Role in Learning Physics and Overcoming MIsconceptions. Resource & Research, 14.

Kanginan, Marthen. 2013. Fisika Untuk SMA/MA Kelas X. Cimahi : Erlangga

Rasyid, Harun dan Mansyur. 2007. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusmono. 2014. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rusnayati, Heni dan Eka C Prima. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Inkuiri untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Elastisitas pada Siswa SMA. Makalah disampaikan dalam Prosiding seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan

Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Cetakan Ketujuh. Jakarta: Kencana.

Suardani, Ni N, Ida Bagus Jelantik Swasta, dan Ni Luh Putu Manik Widiyanti. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keterampilan Proses Sains Siswa. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4: 1-9

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutrisno. 2009. Fisika dan Pembelajarannya. Bandung: UPI http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JU R._PEND._FISIKA/195801071986031S UTRISNO/Pelatihan/LS/FISIKA_DAN_ PEMBELAJARANNYA.pdf Diakses tanggal 21 Januari 2015.

Syaiful Sagala. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Unsri. 2011. Buku Pedoman Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Inderalaya: Universitas Sriwijaya.

Published
2019-12-01
How to Cite
Idris, I., Sida, S., & Idawati, I. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPS Siswa SD Negeri Bontojai Kota Makassar. PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros, 1, 54-58. Retrieved from http://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/354