Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Konsep Alat Pernapasan pada Manusia dan Hewan Kelas V SD Negeri Gaddong I Makassar

  • Irfan Irfan Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhiddin Muhiddin Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Evi Ristiana Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Media Pembelajaran, Powerpoint, Alat Pernapasan

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development) yang menghasilkan media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berbasis Powerpoint yang valid dan praktis untuk siswa kelas V SD Negeri Gaddong I Makassar. Model pengembangan media pembelajaran ini mengacu pada model pengembangan 4-D (Four D-Model), yang terdiri atas 4 tahap, yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan dessiminate (penyebaran). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Gaddong I Makassar dengan subjek penelitian 34 siswa dan 1 guru kelas V mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dikelas V SD Negeri Gaddong I Makassar. Adapun teknik pengumpulan data digunakan instrumen lembar observasi dan angket respon siswa dan guru. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif kualitatif. Statistik deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis kevalidan dan instrumen yang digunakan dalam peneletian. Media pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasi oleh pakar dan telah mengalami revisi sehingga didapatkan hasil yang layak digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan setelah dilakukan validasi dinyatakan valid dan sahih sehingga layak uji coba lapangan untuk mengetahui kepraktisan. Hasil uji coba menunjukka bahwa media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berbasis Powerpoint praktis karena telah memenuhi keriteria dengan hasil: 1) aktivitas siswa dalam pembelajaran terlaksana dengan baik sesuai yang diharapkan, 2) guru memberikan respon poitif/sangat baik dan, 3) siswa memberikan respon positif/baik terhadap media pembelajaran. Dengan demikian makamedia pembelajaran ini dapat digunakan dan dikembangkan dalam proses pembelajaran di SD Negeri Gaddong I Makassar khususnya  pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

References

Adhitama, H. Y., Prasetyo, Z. K., & Y uliati, Y. 2016. Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPA Interaktif pada Materi Rangka dan Otot Manusia untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMP Kelas VIII. Pend. Ilmu Pengetahuan Alam-S1, 5 (1).

Arini, I. A. M. P. 2017. Penggunaan Media Cetakdan Media Gambar dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD Negeri 2 Tonja Denpasar. JurnalPenelitian Agama Hindu, 1 (2), 118-122

Arsyad Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Arsyad, Azhar. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jambi: Gaung Persada Pers.

Darmawan, D. 2014. Inovasi Pendidikan Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: PT Reamaja Rosdakarya

Darmojo, Nash. 1992. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Fatonah, Prasetyo. 2014. Pembelajaran Sains. Yogyakarta: Ombak.

Khairani, S., Asrizal, A., & Amir, H. 2017. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berorientasi Pembelajaran Kontekstual Tema Pemanfaatan Tekanan dalam Kehidupan untuk Meningkatkan Literasi Siswa Kelas VIII SMP. PILLAR OF PHYSICS EDUCATION, 10 (1).

Khalik, Abdu. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Parepare: UPP PGSD Parepare Universitas Negeri Makassar.

Latifah, S. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai-Nilai Agama Islam melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5 (1), 43-51.

Marfuah, S., Zulkardi, Z., & Aisyah, N. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powerpoint Disertai Visual basic for Application Materi Jarak pada Bangun Ruang Kelas X. Jurnal Gantang, 1 (1), 45-53.

Muspiroh, N. 2013. Integrasi Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA (Perspektif Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Islam, 28 (3), 484-498.

Nurseto, T. 2011. Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8 (1).

Nusa, Putra. 2013. Research and Development. Depok: Rajagrafindo Persada.

OECD. 2014. PISA 2012 Results: PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do – Student Performance in Reading, Mathematics and Science (Volume 1). OECD Publishing. Paris-France.

Putra Nusa 2015. Research & development. Penelitian dan Pengembangan: suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali pers.

Permanda, S., Alpusari, M., & Noviana, E. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint pada Mata Pelajaran IPA Kelas I SD Negeri 147 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4 (1), 1-13.

Rusaman dkk. 2015. Pembelajaran Berbasis Tekonolog Iinformasi dan Komunikasi: Pengembangan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Rusman. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sadiman, Rahardjo, Haryono, Harjito. 2014. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: RajawaliPers.

Sundayana, Rostina, 2014. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian dan Pengembangan, (Research and development). Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. Rivai, Ahmad. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensind.

Samatowa, Usman. 2006. Bagaimana Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Direktorat Jenderal Kependidikan Tinggi.

Triyanto. 2006. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumiaksara.

Wisudawati, Sulistyowati. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumiaksara.

Published
2019-12-01
How to Cite
Irfan, I., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Konsep Alat Pernapasan pada Manusia dan Hewan Kelas V SD Negeri Gaddong I Makassar. PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros, 1, 44-53. Retrieved from http://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/353