Implementasi Pembalajaran Holistik dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Siswa

  • Herman Sunusi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone
Keywords: Pembelajaran Holistik, Minat, Motivasi

Abstract

Pendidikan merupakan suatu bentuk pendidikan yang bertujuan untuk membangun dimensi manusia, yaitu untuk membangun seluruh dimensi sosial, emosional, motorik, akademik, spiritual, dan kognitif sehingga membentuk insan kamil. Pembelajaran holistik adalah suatu pendekatan pembelajaran yang membangun manusia secara keseluruhan dan utuh dengan mengembangkan semua potensi manusia yang mencakup potensi sosial-emosional, potensi intelektual, potensi moral (karakter), kreatifitas, dan spiritual.

Konsep dasar pembelajaran holistik (holistic learning) yaitu pendekatan pembelajaran yang berfokus pada pemahaman informasi dan mengkaitkannya dengan topik-topik lain sehingga terbangun kerangka pengetahuan. Pembelajaran holistik memandang manusia secara utuh, dalam arti manusia dengan unsur kognitif, afeksi dan perilakunya. Manusia juga tidak bisa berdiri sendiri, namun terkait erat dengan lingkungannya. Dalam pembelajaran holistik, diterapkan prinsip bahwa siswa akan belajar lebih efektif jika semua aspek pribadinya (pikiran, tubuh dan jiwa) dilibatkan dalam pengalaman siswa.

Pembalajaran holistik sangat berkontribusi dalam meningkatkan minat dan motivasi siswa karena pembelajaran holistik mengandung kesatuan pendidikan jasmani-rohani, mengasah kecerdasan intelektual-spiritual (emosional)-ketrampilan, kesatuan materi pendidikan teoritis-praktis, kesatuan materi pendidikan pribadi-sosial-ketuhanan. Juga tidak melihat manusia dari aktivitasnya yang terpisah pada bagian-bagian tertentu, namun merupakan mahluk yang bersifat utuh dan tingkah lakunya tidak dapat dijelaskan berdasarkan aktivitas bagian-bagiannya. Tidak hanya melalui potensi intelektualnya saja, namun juga dari potensi spiritual dan emosionalnya.

References

Daradjat, Zakiah dkk., Ilmu Pendidikan Islam (Cet. V; Jakarta: Bumi Aksara, 2004).

Deppennas. Perangkat Penilaian Pembelajaran (Cet. I; Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, 2008).

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dengan Pendekatan Baru (Cet. II; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009)

Gie, The Liang. Cara Belajar yang Efektif (Yogyakarta : Universitas Gaja Mada, 1980).

Halida, Penerapan Model Networked (jejaring) dalam Pembelajaran Terpadu Pendidikan Anak Usia Dini, (Cet. VII; Pontianak: Ilmu Pendidikan FKIP UNTAN, 2015).

Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran (Cet. IV; Jakarta: Bumi Aksara, 2003). Haling, Abdul. Belajar dan Pembelajaran (Cet. I; Makassar: Badan Penerbit Universitas negeri Makassar, 2006).

Luthans, Bower. Motivation-Requiretment Hirarchy By Maslow. Mcgraw-Hill Inc. Tokyo, 2005).

Madjid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Pendidik) (Cet. I; Bandung: Rosda Karya, 2005).

Muhaimin, et al, Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah (Cet. III; Bandung: Remaja Rosda Karya Offset, 2004).

Republik Indonesia, ”Undang-undang RI. Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional”, dalam Redaksi Sinar Grafika (Cet. 1; Jakarta : Sinar Grafika, 2003).

Sardiman A.M., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Cet. IX; Jakarta: CV. Rajawali, 2001).

------------, Pembelajaran Holistik (Cet. XII Jakarta: Gramedia, 2013).

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya (Cet. IV; Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003).

Sofyan, Herminarto. dan Hamzah B. Uno, Teori Motivasi dan Aplikasinya dalam Penelitian (Cet. II; Gorontalo: Nurul Jannah, 2004).

Sudrajat, Akhmad. Pendekatan Pembelajaran Holistik di Sekolah Dasar, (Cet. IX., Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014).

Sugandi, Achmad. Teori Pembelajaran (Cet. V; Semarang: UPT UNNES, 2007).

Suryabrata, Psikologi pendidikan (Cet. XI., Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2002).

Surya, Hendra. Konsep Pembelajaran Holistik (Cet. I; Jakarta: PT Raja-Grafindo Persada, 2013).

Trianto, Mendesain Pembelajaran Kontesktual di Kelas (Cet. I; Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher, 2008).

Usman, Basyiruddin. Metodologi Pembelajaran Agama Islam (Cet. I; Jakarta: Ciputat Pers, 2002).

Winkel, W.S. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar (Cet. XIII; Jakarta: Gramedia, 2004).

Published
2019-12-01
How to Cite
Sunusi, H. (2019). Implementasi Pembalajaran Holistik dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Siswa. PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros, 1, 23-34. Retrieved from http://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/351