Pengaruh Strategi Multiple Intelegences terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPS Peserta Didik

  • Hardiyanti R. Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Abd. Aziz Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Idawati Idawati Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Keterampilan Proses, Strategi, Multiple Intelligences

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multiple intelligences strategi terhadap keterampilan proses dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, desain penelitian yang digunakan adalah (non-equivalent control group). Kelas eksperimen yang menggunakan perlakuan dengan menggunakan strategi multiple intelligences, satu kelas hanya menggunakan strategi pendekatan konvensional. Data hasil penelitian yang diperoleh hasil belajar dengan menggunakan strategi multiple intelligences yang ini ditunjukkan untuk kelas eksperimen dengan nilai (1.42 ≤ 1.75) dan kelas kontrol (1.686) sedangkan  1.81 ≤ 2.14)). Jadi ada pengaruh multiple intelligences strategi terhadap keterampilan proses dan hasil belajar peserta didik di buktikan dengan nilai peserta didik yang meningkat.

References

Aini, Jannatu. 2013. Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelegences dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips. Skripsi.

Alamsyah, Said. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelegence. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama

Arifin. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Arifuddin, Arwini. 2012. Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas XII SMK Negeri 8 Makassar Menggunakan Strategi Multiple Intelegences. Jurnal.

Aryani Dwi, A. 2014. Model Pembelajaran Berdasarkan Teori Multiple Intelegences yang Dominan dalam Kelas pada Materi Tekanan. Jurnal

Dimyati & Mudjiyono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: RinekaCipta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rieneka Cipta

Firdaus. 2016. Penerapan Strategi Multiple Intelegences dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik. Skripsi

Hamzah B Uno dan Masri Kuadrat.2009. Mengelola Kecerdasan dan Pembelajaran. Gorontalo: BumiAksara

Jasmine J. 2007. MengajarBerbasis Multiple Intelligences. Bandung:Nuansa

Legowo, Edi. 2017. Model Pembelajaran Berbasis penstimulasian Multiple Intelegences siswa. Jurnal

Muhammad Yaumi. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat

Mulyono, Tj. 1980: 8 Pengembangan Pendidikan IPS SD. Dirjen Dikti Depdiknas 2009: Jakarta

Paramita, Rahayu. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Strategi Pembelajaran Multilple Intelligences pada Kelas VI SD Negeri Salakan Lor. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Paul suparno. 2010 Teori Intelegence dan Aplikasinya di Sekolah. Yogyakarta: PT Remja

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Rosdakarya

Semiawan,C. dkk. 1985 Pendekatan Keterampilan Proses, Penerbit PT. Gramedia, Jakarta

Sugiyono, 2008. Metode Pembelajaran Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suyono & Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT RemajaRosdakarya

Thobarani, M. & Mustofa A. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz media

Trianto, 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,

Usman, U.M. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wahidmurni, 2017. National Council For the Social Studies. Jakarta

Published
2019-12-01
How to Cite
R., H., Aziz, A., & Idawati, I. (2019). Pengaruh Strategi Multiple Intelegences terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPS Peserta Didik. PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros, 1, 16-22. Retrieved from http://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/350