Pengaruh Sarana, Iklim Sekolah, dan Motivasi terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas III Sekolah Dasar
Abstract
Peningkatan minat baca sangat penting sejak dini, melalui peningkatan minat baca mutu pendidikan meningkat. Tujuan penelitian untuk mengatahui pengaruh sarana, iklim sekolah, motivasi terhadap minat baca. Observasi siswa kelas III SDN 82 Pattene terdapat 9 siswa tidak tau membaca. Jenis penelitiannya ex-post facto sifatnya korelasional. Teknik pengumpulan data berupa angket. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif melalui analisis jalur. Hasil menunjukkan hanya iklim sekolah yang memberi pengaruh peningkatan minat baca. tampak pada uji kelinieran regresi. Variabel iklim sekolah (X2) tHitung 2,816 > tTabel 2,008 disimpulkan H2 atau hipotesis kedua diterima. Artinya ada pengaruh iklim sekolah (X2) terhadap minat baca (Y), variabel sarana (X1) t Hitung 1,625 < tTabel 2,008 disimpulkan H1 atau hipotesis pertama ditolak. Artinya tidak ada pengaruh sarana (X1) terhadap minat baca (Y). Variabel motivasi (X3) t Hitung 0,418 < tTabel 2,008 disimpulkan H3 atau hipotesis ketiga ditolak. Artinya tidak ada pengaruh motivasi (X3) pada minat baca (Y).
References
Ambarwati, S., & Khosmas, F. Y. 2014. Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Hasil Belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 2. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(5).
Ardiansyah, A. R., Rizal, Y., & Nurdin, N. 2014. PENGARUH PEMANFAATAN SARANA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR. JEE (Jurnal Edukasi Ekobis), 2(6).
Arikunto, 2009. Metodologi Penelitian. Penerbit PT. Rineka Cipta. Jakarta
Aviati, V. N., & Nurul, V. 2017. Kiat Menumbuhkan Gemar Membaca Pada Anak SD Melalui Perpustakaan Sekolah. Kiat Menumbuhkan Gemar Membaca Pada Anak SD Melalui Perpustakaan Sekolah.
Bafadal, Ibrahim. 2001. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah . Jakarta: Bumi Aksara.
Berliana, N. 2017. The Relationship of Mother’s Parenting Style and the Role of Peers on Dating Behavior of Teenage at Senior High School in Jambi. Journal of Global Research in Public Health, 2(2), 97-104.
Bond, G. C., & Wanger, D. T. 1999. Gold catalysis. Catal Rev-Sci Eng, 41, 319-388.
Crow, Lester D.& Alice D. Crow. 1984. Psikologi Pendidikan. Alih bahasa:Meitasari Tjandrasa. Surabaya: PT.Bina Ilmu
Daryanto. 2015. Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Gava Media. Yogyakarta
Departemen Agama RI.2007.Al-Qur'an dan Terjemahannya Al-Jumanatul 'Ali Seuntai Mutiara Yang Maha Luhur.Bandung:J-Art
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Failasuf, Ashef Fiqo. 2013. Pengaruh Perhatian Orang TuaSiswa, Kebiasaan Belajar dan Nilai UAN Terhadap Prestasi Mata Pelajaran Teori Pemesinan Kelas I SMK Negeri 3 Yogyakarta dan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun 2012/2013.
Hamalik, O. 2004. Proses belajar mengajar. Bumi Aksara.
Harjono, Bob. 2015. Merangsang dan Melejitkan Minat Baca Anak Anda. Yogyakarta: Manika Books.
Hurlock, Elizabet B. 1999. Perkembangan Anak. Alih bahasa: Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Erlangga
Indarwati, Feri. 2011. Pemanfaatan Buku Teks Oleh Guru Dalam Pembelajaran Sejarah (Studi Kasus SMA Negeri Kabupaten Semarang). Tugas Akhir Tesis.USM SURAKARTA
Indrawan, Irjus. 2015. Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Deepublish. Yogyakarta
Kompri. 2014. Manajemen Sekolah. Bandung: ALFA- BETA
No, U. U. (43). Tahun 2007 tentang Perpustakaan. nd.
Purwanto, A. 2011. Pengaruh tipe industri, ukuran perusahaan, profitabilitas, terhadap corporate social responsibility. Jurnal Akuntansi dan Auditing, 8(1).
Sardiman, A. M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Siregar, S. 2015. Statistika Terapan untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudarmanto, R. G. 2005. Analisis regresi linear ganda dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :Alfabeta.
Sulistyo, A. 2017. Evaluasi Program Budaya Membaca di Sekolah Dasar Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 48-58.