ANALISIS KINERJA KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN RASIO PROFITABILITAS PADA PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK. YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

  • Marhaeni Marhaeni Universitas Muslim Maros
  • Syamsu Alam Universitas Hasanuddin
  • Muh. Alam Nasyrah Hanafi Universitas Muslim Maros
Keywords: Kinerja Keuangan, Rasio Profitabilitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan dengan menggunakan rasio profitabilitas pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode analisis dalam penelitian ini dengan menggunakan rasio profitabilitas yaitu Gross Profit Margin, Net Profit Margin, Return On Asset dan Return On Equity.
Berdasarkan hasil Gross Profit Margin (GPM) yang diperoleh PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) mengalami nilai fluktuasi (naik turun) dari tahun 2016-2019. Berdasarkan Net Profit Margin (NPM) yang diperoleh PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang mengalami nilai fluktuasi (naik turun) dari tahun 2016-2019. Berdasarkan Return On Assets (ROA) yang diperoleh PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang mengalami nilai fluktuasi (naik turun) dari tahun 2016-2019. Berdasarkan nilai Return On Equity yang diperoleh PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang mengalami penurunan dari tahun 2016-2018, namun pada tahun 2019 kembali naik sebesar 10,9%

Author Biographies

Marhaeni Marhaeni, Universitas Muslim Maros

Manajemen

Syamsu Alam, Universitas Hasanuddin

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Muh. Alam Nasyrah Hanafi, Universitas Muslim Maros

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Published
2020-12-23