Pemerolehan Bahasa Anak Usia 4 – 5 Tahun Melalui Smarphone Berbasis Android

  • Hamida Jekawati Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Muslim Maros
Keywords: Pemerolehan Bahasa Anak, Usia 4-5 Tahun, Smarphone Android

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemerolehan bahasa anak usia 4 -5 tahun melalui smartphone berbasis android di Paud Mentari. Pengambilan sample dilakukan dengan teknik purposive sampling dan sampel penelitian ini adalah siswa Paud Mentari. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik obeservasi, teknik wawancara, teknik simak dan sadap dan teknik dokumentasi. Dari catatan dan rekaman itulah yang akan dijadikan sebagai data untuk bahan penelitian, kemudian data dianalisis dengan tiga tahapan yaitu tahap redusi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menemukan 21 kata tidak sempurna diucapkan responden yang diperoleh dari smartphone android, hal ini disebabkan adanya penghilangan huruf, mengganti huruf dan penambahan huruf, contoh kata [yu+tub] terjadi penghilangan konsonan [y] sehingga kata youtube menjadi kata [u+tub]. Walaupun ada beberapa kata yang belum sempurna diucapkan namun kata tersebut dapat dimengerti maksudnya oleh lawan tutur. Selain itu, ada 12 kata yang sudah sempurna diucapkan responden yang diperoleh dari smartphone android, terutama anak berusia 5 tahun, penyebutan hurufnya sudah jelas meskipun kata- katanya menggunakan bahasa inggris, contohnya [don+lot’] yang diucapkan responden secara jelas.

References

Azizah, A, N. 2017. Interverensi bahasa jawa dalam pembelajaran bahasa indonesia kelas 1 semester 1 mi al imam senoboyan kecamatan secan kabupaten magelan pahun pelajaran. Magelang: Institut Agama Islam Negeri.

Hidayat, Anwar. 2017. Purposive sampling pengertian purposive sampling. Diunduh di https://www.statistikian.com/2017/06/penjelasan-teknik-purposive-samplinghtml/amp. Diakses 30 November 2019. Pukul: 20:12.

Lebond, Bayu. 2017. Mengenal golden age atau masa tumbuh kembang anak. Diunduh di https://psyline. id/mengenal-golden-age-masa-tumbuh-kembanganak/html. Diakses tanggal 18 November 2019. Pukul: 13:00.

Lestari, A. 2018. Hipotesis Tabularasa. Dinduh di http://repostory.unja.ac.id/5952/1/0 3.%20Hipotesis%20Tabularasa.pdf. Diakses tanggal 30 November 2019. Pukul: 08:13.

Madyawati, Lilis. 2016. Strategi pengembangan bahasa pada anak. Jakarta: Pranadamedia Group.

Mbelo, Handani. 2017. Perkembangan bahasa anak usia 0-6 tahun. Diunduh https://www.kompasiana.com/furkanawatimbelo/56cd960e3eafbd750f1d5c76/perkembangan-bahasa-anak-usia-06-tahun?page=all. Diakses Tanggal 10 Januari 2020. Pukul: 19:21.

Muslich, Masnur. 2017. Fonologi bahasa indonesia : tinjauan deskriftif bunyi bahasa Indonesia. Jakarta:Bumi Aksara.

Nurjamiaty. 2015. Pemerolehan bahasa anak usia tiga tahun berdasarkan tontonan kesukaannya ditinjau dari kontruksi semantik. Jurnal Edukasi Kultura, Volume 2, Nomor 2, hal. 42-62.

Safaat N. 2015. Pograman aplikasi mobile smartphone dan tablet pc berbasis anroid. Bandung: Informatika.

Sughanda, M, 2015. Pemerolehan bahasa anak usia lima tahun pada tataran ponetik kajian psikolinguistik. Padang: STKIP PGRI Sumatera Barat.

Sugiono, 2018. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R dan D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2017. Pendidikan anak usia dini. Jakarta: Bumi Aksara.

Tri. 2016. Definisi smartphone menurut para ahli. Diunduh di https://definisimenurutparaahli.blogspot.com/2016/12samartphone-menurut-pera-ahli.html. Diakses Tanggal 30 November 2019. Pukul: 18:23.

Trinowismonto, Yosep. 2016. Pemerolehan bahasa pertama anak usia 4 s.d 5 tahun dalam bahasa sehari-hari. Skripsi tidak dipublikasikan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Published
2020-12-27
How to Cite
Jekawati, H. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 4 – 5 Tahun Melalui Smarphone Berbasis Android. Jurnal Idiomatik, 3(2), 88-95. https://doi.org/10.46918/idiomatik.v3i2.778