Analisis Penggunaan Kata Penghubung dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII/A MTSN 1 Maros Baru Pendekatan Analisis Kesalahan Berbahasa

  • Irawati Irawati Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Muslim Maros
Keywords: Kata Penghubung, Karangan Deskripsi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui penggunaan kata penghubung dalam karangan deskripsi siswa kelas VII/A MTSN 1 Maros Baru. Subjek dan fokus penelitian dalam tulisan ini adalah karangan deskripsi siswa kelas VII/A MTSN 1 Maros Baru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif model miles dan hubermanyang terdiri atas reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan kata penghubung dalam karangan deskripsi siswa kelas VII/A MTSN 1 Maros Baru belum sepenuhnya tepat karena masih terdapat ketidaktepatan penggunaan kata penghubung sebanyak 33 dari 13 karangan yang terdiri dari 86 kalimat.

References

Chaer, A. 2008. Sintaksis Bahasa Indonesia: Pendekatan Proses. Jakarta. Rineka Cipta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Penerbit alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Interaktif dan Konstruktif. Bandung. Alfabeta.

Wikipedia. 2019. Kata Penghubung. Diunduh. https://id.wikipedia.org/wiki/katapenghubung.Diakses pada tanggal 22 Oktober 2019.

Published
2020-12-27
How to Cite
Irawati, I. (2020). Analisis Penggunaan Kata Penghubung dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII/A MTSN 1 Maros Baru Pendekatan Analisis Kesalahan Berbahasa. Jurnal Idiomatik, 3(2), 57-66. https://doi.org/10.46918/idiomatik.v3i2.775