Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia 2-3 Tahun Di Desa Mattirotasi Kabupaten Maros

  • Asriani Asriani Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Muslim Maros
Keywords: Anak Usia Dini, Pemerolehan Bahasa

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan pemerolehan bahasa pada anak usia 2-3 tahun di desa Mattirotasi kabupaten Maros. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yakni penelitian yang bertujuan untuk memahami (to understand) fenomena atau gejala sosial dengan lebih menitik beratkan pada gambaran yang lengkap tentang fenomena yang dikaji daripada memerincinya menjadi variabel-variabel yang saling terkait. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode rekaman, observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah pemerolehan bahasa pada anak usia dini meliputi kata dan kelompok kata yang sesuai dengan makna dan fungsi bahasa dalam kehidupan sehari-harinya ketika berbicara dengan orang tua, saudara, teman-teman sepermainannya yang tinggal di sekitar tempat tinggal anak. Dan memperlihatkan bahwa dalam perkembangan bahasa anak bisa berbeda-beda pada setiap individunya, bisa berkembang cepat dan bisa juga berkembang dengan lamban, tergantung pada tingkat atau jenjang usianya, kemampuan orang tuanya dan lingkungan yang aktif untuk mengembangkannya.

References

Ariesta, Freddy Widya. (2018). Teori belajar behaviorisme vs kognitivisme. Diunduh di https://pgsd.binus.ac.id/2018/11/23/teori-belajar-abad-21-behaviorisme-vs-kognitivisme/ tanggal 25 Desember 2020.

Cendrasari, Liring Ayu. (2014). Pemerolehan bahasa anak usia 3-4 tahun di desa Gombong kecamatan Belik kabupaten Pemalang (kajian psikolinguistik). Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Chaer, Abdul. (2009). Psikolinguistik Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, Soenjono. (2000). Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Hartley, Trevor A. (2001). Psycology of Language from Data to Teory. Susex: Erlbaum Taylor & Francis.

Keraf, Gorys. (1984). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka.

Muradi, Ahmad. (2018). Pemerolehan Bahasa dalam Perspektif Psikolinguistik dan Al-qur’an. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Volume 2, Nomor 2, Halaman 148-149.

Moleong, Lexy J. (2004). Metodologi penelitian kualitatif. Cetakan dua puluh (edisi revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pateda, Mansoer. (1990). Aspek-aspek Psikolinguistik. Flores, NTT: Nusa Indah.

Permatasari, dkk. (2019). Pemerolehan bahasa pertama pada anak usia dini. Jurnal obsesi: jurnal pendidikan anak usia dini. Volume 3, nomor 1, halaman 2.

Rosmanuddin, Safriandi A. (2009). Pemerolehan Bahasa Pertama. Diunduh di https://nahulinguistik.wordpress.com/2009/04/14/pemerolehan-bahasa-pertama/ tanggal 24 desember 2020.

Suandi, Rasna, & putri. (2019). Pemerolehan Bahasa Indonesia pada Anak Usia Dini di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 3, Nomor 1, Halaman, 2.

Tarigan, Henry Guntur. (1997). Linguistik Kontrastif. Bandung: FKSS, IKIP.

Trinowismanto, Yosep. (2016). Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia 0 Sampai dengan 3 Tahun dalam Bahasa Sehari-Hari (Suatu Tinjauan Psikolinguistik). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Published
2022-06-22
How to Cite
Asriani, A. (2022). Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia 2-3 Tahun Di Desa Mattirotasi Kabupaten Maros. Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 1-7. https://doi.org/10.46918/idiomatik.v5i1.1411