This is the html version of the file http://ejournals.umma.ac.id/index.php/equals/article/view/62.
Google automatically generates html versions of documents as we crawl the web.
Paper Title (use style: paper title)
Page 1
JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Volume 1, Nomor 1, Desember 2018
ISSN: 2622-2329 (Cetak), 2622-2442 (Online)
Available online at https://ejournals.umma.ac.id/indeks.php/equals
30
EFEKTIFITAS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN STUDENT
RECAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA
SISWA KELAS X MA DARUSSALAM BARANDASI
Khaerani 1), Yasmin 2)
1)Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP UMMA
2)Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Jeneponto
1)khaerani@umma.ac.id
2)yasminbulaeng@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui metode Student
Recap. Jenis penelitian ini adalah eksperimen yang dilaksanakan pada semester genap 2016/2017
di MA DARUSSALAM BARANDASI pada siswa kelas X yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 21
orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.
Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes uraian dan lembar observasi. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan
teknik statistik t (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Student Recap
dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa siswa kelas X MA DARUSSALAM BARANDASI
dikategorikan cukup baik. Secara umum, hasil belajar matematika siswa kelas X MA
DARUSSALAM BARANDASI dengan menggunakan metode Student Recap berada dalam kategori
sedang dengan persentase sebesar 36,67%.
Kata Kunci: Efektifitas, Student Recap, Hasil Belajar
ABSTRACT
The research aims to improve students' mathematics learning outcomes through Student Recap
method. The type of this research is an experiment conducted in the even semester of
2016/2017 at MA DARUSSALAM BARANDASI on X grade students which amounted to 30 students
consisting of 21 male students and 9 female students. This is done in two cycles. The data were
collected by using the description test and the observation sheet. The data obtained were
analyzed by using descriptive statistic and inferential statistic with t statistic technique (t test).
the results showed that the application of Student Recap method in improving students'
mathematics learning outcomes of grade X MA DARUSSALAM BARANDASI categorized quite well.
In general, the results of mathematics learning in class X MA DARUSSALAM BARANDASI using the
Student Recap method are in the moderate category with a percentage of 36.67%.
Keywords: Effectiveness, Student Recap, Learning Outcomes
A. PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah
yang melibatkan pendidik dan peserta didik terjadi
interaksi belajar mengajar atau proses pembelajaran.
Dalam proses pembelajaran ini, pendidik dengan
sadar merencanakan kegiatan pembelajaran secara
sistematis dan berpedoman pada seperangkat aturan
dan rencana tentang pendidikan yang disebut sebagai
kurikulum.
Secara bertahap kurikulum mengalami
penyempurnaan yang bertujuan untuk meningkatkan
mutu pendidikan yang berorientasi pada kemajuan
sistem pendidikan nasional. Namun demikian
penyempurnaan kurikulum tersebut tidak diimbangi
dengan pelaksanaan kurikulum disekolah-sekolah
yang berupa proses pembelajaran.

Page 2
Efektifitas Penerapan Strategi Pembelajaran Student Recap
31
Dalam kurikulum pendidikan dasar, matematika
sekolah adalah matematika yang diajarkan pada
pendidikan dasar dan menengah. Matematika sekolah
terdiri atas bagian matematika yang dipilih guna
menumbuh kembangkan kemampuan-kemampuan
dan membentuk pribadi siswa serta berpadu kepada
pekembangan iptek yang berfungsi sebagai salah satu
unsur masukan instrumental yang memiliki obyek
dasar astrak dan berlandaskan kebenaran
konsistensi, dalam sistem proses belajar dan
pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan
(Suherman, 2003).
Proses belajar mengajar merupakan suatu
kegiatan interaksi yang terjadi antara pendidik dan
peserta didik serta lingkungannya. Belajar merupakan
suatu motivasi atau memperteguh kelakuan melalui
pengalaman, proses, dan bukan suatu hasil atau
tujuan. Belajar bukan hanya mengingat, akan tetapi
lebih dari itu, yakni memahami (Hamalik, 2011).
Guru berfungsi sebagai fasilitator, yaitu orang
yang memberikan fasilitas dan menciptakan situasi
yang mendukung agar siswa dapat mewujudkan
kemampuan belajar (Darsono, 2000). Keberhasilan
proses belajar dan pembelajaran diwujudkan dengan
hasil belajar siswa. Hasil belajar dapat diartikan
sebagai hasil yang dicapai setelah melalui proses
belajar baik mental maupun psikis yang berlangsung
aktif dalam pembelajaran yang berupa perubahan
dalam pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan
serta nilai-nilai sikap terhadap pembelajaran. Hasil
belajar diwujudkan dalam angka.
Pembelajaran merupakan upaya pendidik untuk
membantu peserta didik melakukan kegiatan belajar
(Sudjana, 2000). Dalam pembelajaran ini siswa
dituntut untuk berfikir kritis dan menemukan sendiri
makna konsep yang dipelajarinya, dengan demikian
saat materi tersebut dipelajari di sekolah siswa akan
mudah menerima dan memahami konsep
pelajarannya. Siswa akan termotivasi untuk bertanya
dan mencari jawaban atas permasalahannya hal ini
akan menuntut siswa untuk lebih aktif dan kreatif
dalam memahami konsep dan mengembangkan.
Silberman (2006) mengatakan bahwa metode
belajar aktif tipe Student Recap merupakan salah satu
cara praktis untuk meninjau ulang materi-materi
pelajaran yang telah diajarkan di dalam kelas. Strategi
pembelajaran
Student Recap
memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk meringkas apa
yang telah mereka pelajari dan menyampaikan
ringkasannya kepada yang lain. Ini adalah cara yang
baik untuk mendorong peserta didik untuk meringkas
apa yang telah mereka pelajari dengan caranya
sendiri.
Berdasarkan uraian diatas, maka penulis akan
melakukan penelitian tindakan yang berjudul:
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi
Pembelajaran Student Recap pada siswa kelas X MA
Darussalam Barandasi.
2. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka
dirumuskan masalah sebagai berikut:
Bagaimana efektifitas penerapan strategi
pembelajaran student recap dapat meningkatkan hasil
belajar matematika siswa kelas kelas X MA
Darussalam Barandasi?
B. METODE
1. Jenis Penelitian
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
eksperimen. Secara garis besar, ada tiga tahap yang
lazim digunakan yaitu tahap persiapan, tahap
pelaksanaan perlakuan, dan yang terakhir tahap
pemberian tes.
Pada penelitian ini, yang menjadi sampel adalah
siswa kelas X MA Darussalam Barandasi yang terdiri
dari 30 siswa yang memiliki tingkat kecerdasan yang
cukup beragam sehingga dianggap mampu mewakili
populasi yang ada.
Adapun instrumen penelitian data yang digunakan
dalam penelitian eksperimen ini adalah:
a. Lembar Observasi
Lembar observasi merupakan menggambarkan
keseluruhan aspek yang berhubungan dengan
kurikulum yang menjadi pedoman dalam
pembelajaran. Lembar observasi ini berisi item-
item yang akan diamati pada saat terjadi proses
belajar mengajar.
b. Tes Hasil Belajar
Tes merupakan suatu alat yang digunakan untuk
mengukur keterampilan, pengetahuan, serta
kemampuan yang dimiliki oleh individu atau
kelompok. Tes hasil belajar ini diperoleh dari
setiap siklus untuk melihat apakah terjadi
peningkatan atau tidak. Sehingga dapat dijadikan
sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan.

Page 3
Khaerani, Yasmin
EQUALS Vol. 1, No. 1, Desember 2018
32
c. Dokumentasi
Dokumentasi merupakan alat yang digunakan
untuk mendapatkan karakteristik siswa yang
mengalami kesulitan belajar sehingga berdampak
pada belum tercapainya prestasi belajar siswa
secara perorangan. Daftar ini diperoleh dari nilai
ulangan harian dan nilai ulangan semester.
2. Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam
penelitian eksperimen ini adalah:
a. Data mengenai peningkatan hasil belajar diambil
dari tes yang tebagi atas dua tes yaitu pre test dan
post test. Setiap tes yang diberikan dibuat oleh
penulis bekerja sama dengan guru matematika
yang mengajar di kelas tersebut.
b. Data tentang situasi belajar mengajar pada saat
dilakukan tindakan diambil dengan menggunakan
lembar observasi.
c. Data tentang karakteristik siswa yang mengalami
kesulitan belajar diambil dari dokumentasi daftar
nilai ulangan harian dan nilai ulangan semester
Data tentang hasil pengamatan dan tanggapan
siswa dianalisis secara kualitatif. Sementara data
tentang hasil belajar dianalisis secara kuantitatif
dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik
inferensial. Hasil analisis deskriptif tersebut
ditampilkan dalam bentuk nilai rata-rata dan
persentase nilai rata-rata.
C. HASIL DAN PEMBAHASAN
1. Deskripsi Data
Tabel 1 Group Statistics
Kelas N Mean
Std.
Deviation
Std. Error
Mean
Nilai
1 30 64.0333 13.17909 2.40616
2 30 79.7667 13.01639 2.37646
Tabel 2 Hasil Post Test Kelas Kontrol
No
Nilai
Kategori
fi
Persentase (%)
1
2
3
4
5
90 – 100
75 - 89
65 - 74
55 – 64
0 -54
Sangat tinggi
Tinggi
Sedang
Rendah
Sangat Rendah
1
4
8
2
15
3,33
13,33
26,67
6,67
50,00
Jumlah
30
100
Berdasarkan data yang diperoleh pada Tabel 2
dapat disimpulkan bahwa secara umum hasil belajar
matematika siswa kelas X MA Darussalam Barandasi
tanpa metode Student Recap dikategorikan rendah.
Hal ini ditunjukkan dari perolehan nilai pada kategori
sangat rendah sebesar 50% dari 30 siswa yang berarti
setengah dari jumlah siswa berada pada kategori
tersebut. Sedangkan 6,67% siswa lainnya berada pada
kategori rendah.
Tabel 3 Hasil Post Test Kelas Eksperimen
No
Nilai
Kategori
fi
Persentase (%)
1
2
3
4
5
90 – 100
75 - 89
65 - 74
55 – 64
0 -54
Sangat tinggi
Tinggi
Sedang
Rendah
Sangat Rendah
10
6
11
0
3
33,33
20,00
36,67
0
10,00
Jumlah
30
100
Berdasarkan data yang diperoleh pada Tabel 3
dapat disimpulkan bahwa secara umum hasil belajar
matematika siswa kelas X MA Darussalam Barandasi
setelah diterapkan metode Student Recap

Page 4
Efektifitas Penerapan Strategi Pembelajaran Student Recap
33
dikategorikan sedang. Hal ini ditunjukkan dari
perolehan nilai pada kategori sedang sebesar 36,67%
dari 30 siswa.
2. Uji Homogenitas
Ho : kedua kelompok memiliki varian yang sama
(homogen)
H1 : kedua kelompok tidak memiliki varian yang
sama
Tabel 4. Independent Samples Test
Levene's Test
for Equality of
Variances
t-test for Equality of Means
F
Sig.
t
df
Sig. (2-
tailed)
Mean
Difference
Std. Error
Difference
95% Confidence
Interval of the
Difference
Lower
Upper
Nilai Equal variances
assumed
.390 .535 -4.652 58 .000 -15.73333 3.38189 -22.50292 -8.96375
Equal variances
not assumed
-4.652 57.991 .000 -15.73333 3.38189 -22.50294 -8.96373
Nilai
, maka Ho diterima.
Jadi kedua kelompok memiliki varian yang sama
(homogen).
3. Uji Hipotesis
Hipotesis Penelitian :
Ho : student recap tidak efektif terhadap hasil
belajar.
H1 : student recap efektif terhadap hasil belajar
Nilai
maka
Ho ditolak. Jadi penerapan strategi belajar student
recap berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas
X MA Darussalam Barandasi.
4. Pembahasan
Tabel 5. Hasil Observasi Aktivitas Siswa
No
Komponen Yang Diamati
Pertemuan
I
II
III
1 Siswa yang menyimak penjelasan guru
13 18 25
2 Siswa yang aktif menjawab pertanyaan
16 19
25
3 Siswa yang mengerjakan pekerjaan rumah
20 22 24
4 Siswa yang aktif bekerja dalam kelompok
22 25 27
5 Siswa yang memberikan tanggapan terhadap presentasi kelompok lain
23 26 27
Siswa yang menyimak penjelasan guru pada
proses pembelajaran dari setiap pertemuan
memperlihatkan peningkatan. Hal ini terlihat pada
tabel 5 dari semakin bertambahnya siswa yang
mengajukan pertanyaan mengenai materi pelajaran.
Keberanian siswa juga perlahan mulai meningkat
ditandai dengan bertambahnya jumlah siswa yang
berani mengajukan tangan untuk menjawab
pertanyaan yang diberikan. Kesungguhan siswa dalam
mengerjakan pekerjaan rumah setelah penggunaan
mitode student recap mengalami peningkatan. Hal ini
ditunjukkan dengan semakin meningkatnya jumlah
siswa yang mengerjakan pekerjaan rumah yang
diberikan. Siswa yang aktif bekerja dalam kelompok
juga meningkat. Hal ini disebabkan siswa merasa
bertanggung jawab atas pekerjaannya masing-masing
untuk menyelesaikan tugas yang diberikan dan guru
memberikan penekanan yang lebih bahwa
mengerjakan tugas sangat penting untuk nilai
tambahan. Siswa yang memberikan tanggapan
terhadap presentasi kelompok yang lain terus
mengalami peningkatan setiap pertemuan. Hal ini

Page 5
Khaerani, Yasmin
EQUALS Vol. 1, No. 1, Desember 2018
34
disebabkan rasa percaya diri siswa juga ikut
meningkat melalui penerapan metode student recap
dalam pembelajaran.
D. PENUTUP
Kesimpulan
Simpulan dalam penelitian ini adalah strategi
pembelajaran student recap
efektif dapat
meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X
MA Darussalam Barandasi. Hal ini ditunjukkan
dengan nilai rata-rata kelas kontrol, yaitu kelas yang
tidak diterapkan strategi belajar student recap adalah
64,03. Sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen,
yaitu kelas yang diterapkan strategi belajar student
recap adalah sebesar 79,76.
DAFTAR PUSTAKA
Darsono,
Max.
(2000).
Belajar
dan
Pembelajaran.Semarang : IKIP Semarang Press.
Hamalik.Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar.
Bumi Aksara: Bandung
Nasir, A. Muhajir. (2016). Statistik Pendidikan.
Yogyakarta: Media Akademi
Sudjana, Nana. (2009). Penelitian Proses Belajar
Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Silberman, Melvin. (2009). Active Learning 101 Cara
Belajar Siswa Aktif. Bandung: NusaMedia.
Suherman, Erman (2003). Strategi Pembelajaran
Matematika Kontemporer. Bandung : FMIPA
Universitas Pendidikan Indonesia.