Dalam kurikulum pendidikan dasar, matematika
sekolah adalah matematika yang diajarkan pada
pendidikan dasar dan menengah. Matematika sekolah
terdiri atas bagian matematika yang dipilih guna
menumbuh kembangkan kemampuan-kemampuan
dan membentuk pribadi siswa serta berpadu kepada
pekembangan iptek yang berfungsi sebagai salah satu
unsur masukan instrumental yang memiliki obyek
dasar astrak dan berlandaskan kebenaran
konsistensi, dalam sistem proses belajar dan
pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan
(Suherman, 2003).
Proses belajar mengajar merupakan suatu
kegiatan interaksi yang terjadi antara pendidik dan
peserta didik serta lingkungannya. Belajar merupakan
suatu motivasi atau memperteguh kelakuan melalui
pengalaman, proses, dan bukan suatu hasil atau
tujuan. Belajar bukan hanya mengingat, akan tetapi
lebih dari itu, yakni memahami (Hamalik, 2011).
Guru berfungsi sebagai fasilitator, yaitu orang
yang memberikan fasilitas dan menciptakan situasi
yang mendukung agar siswa dapat mewujudkan
kemampuan belajar (Darsono, 2000). Keberhasilan
proses belajar dan pembelajaran diwujudkan dengan
hasil belajar siswa. Hasil belajar dapat diartikan
sebagai hasil yang dicapai setelah melalui proses
belajar baik mental maupun psikis yang berlangsung
aktif dalam pembelajaran yang berupa perubahan
dalam pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan
serta nilai-nilai sikap terhadap pembelajaran. Hasil
belajar diwujudkan dalam angka.
Pembelajaran merupakan upaya pendidik untuk
membantu peserta didik melakukan kegiatan belajar
(Sudjana, 2000). Dalam pembelajaran ini siswa
dituntut untuk berfikir kritis dan menemukan sendiri
makna konsep yang dipelajarinya, dengan demikian
saat materi tersebut dipelajari di sekolah siswa akan
mudah menerima dan memahami konsep
pelajarannya. Siswa akan termotivasi untuk bertanya
dan mencari jawaban atas permasalahannya hal ini
akan menuntut siswa untuk lebih aktif dan kreatif
dalam memahami konsep dan mengembangkan.
Silberman (2006) mengatakan bahwa metode
belajar aktif tipe Student Recap merupakan salah satu
cara praktis untuk meninjau ulang materi-materi
pelajaran yang telah diajarkan di dalam kelas. Strategi
pembelajaran
Student Recap
memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk meringkas apa
yang telah mereka pelajari dan menyampaikan
ringkasannya kepada yang lain. Ini adalah cara yang
baik untuk mendorong peserta didik untuk meringkas
apa yang telah mereka pelajari dengan caranya
sendiri.
Berdasarkan uraian diatas, maka penulis akan
melakukan penelitian tindakan yang berjudul:
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi
Pembelajaran Student Recap pada siswa kelas X MA
Darussalam Barandasi.