Efektivitas Pelatihan Efikasi Diri dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Insan Cendekia Syech Yusuf Kab. Gowa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan self-efficacy pada motivasi siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Insan Cendekia Syech Yusuf kelas X Kabupaten Gowa. Subjek penelitian berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 18 siswa pada kelompok eksperimen dan 18 siswa pada kelompok kontrol.
Penelitian ini dilakukan secara eksperimental dengan desain pretest-posttest yang disesuaikan secara acak. Alat ukur yang digunakan adalah skala motivasi belajar, self-efficacy, wawancara dan observasi. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok pre post control. Analisis kuantitatif menggunakan Uji Mann-Whitney untuk menentukan motivasi siswa setelah diberikan pelatihan self-efficacy. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelatihan Self-Efficacy cukup efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMA kelas X Insan Cendekia Kabupaten Gowa.
References
Abror, A. R. (2003). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana
Alwisol. (2004). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press
Bandura, A. (1993). Perceived self Efficacy In Cognitive Development and Functioning. Journal of Educational Psychology, 28(2), 117-148. Bandura, A. 1997. Self Efficacy The Exercise of Control. New York: W. H Freeman and Company
Hamdu, G & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12 (1), 81 – 86.
Harahap, D. (2012). Analisis Hubungan anara Efikasi Diri Siswa dengan Hasil Belajar Kimianya. http://digilib.unimed.ac.id/UNIMED (diakses pada tanggal 9 Juni 2019)
Hariyanto, E. , Purnomo, R. , Bawono, I. R. ,. (2011). Desain Pelatihan, Dukungan Organisasional, Dukungan Supervisor dan Self Efficacy Sebagai Faktor Penentu Keefektifan Transfer Pelatihan. Jurnal Siasat Bisnis, 15 (2), 213-227 3.
Hasan, A. B. P; & Istiqomah. (2011). Hubungan Religiusitas dan Self Efficacy Terhadap Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Cipinang Jakarta. Jurnal Psikologi, 4(2), 165-188.
Mc Cown, R., Priscaoll, M., Ropp, P.G. (1996). Education Psychology: Learning Centerd Classical Approach Edition 2. Massachussetts: A Simon and Schuster Companis
Mukhid, Abd. (2009). Self Efficacy (Perspektif Teori Kognitif Sosial dan Implikasinya terhadap Pendidikan). Tadris, 4 (1),106-122.
Novariandhini, D. A & Latifah, M. (2012). Harga Diri, Efikasi Diri, Motivasi Belajar, dan Prestasi Akademik Siswa SMA Pada Berbagai Model Pembelajaran. Jur. Ilm. kel & Kons. , 5 (2),138 – 146
Pajares, P. (2002). Self Efficacy Belief In Academic Contexts: An Outline. http://des.emory.edu/mfp/efftalk.html (diakses pada tanggal 9 Maret 2019)
Pajares, F & Usher, E. L. (2008). Sources of Self-Efficacy in school: Critical Review of the Literature and Future Directions. Riview of Educational Research, 78 (4), 751 – 796.
Permata, R. F. (2018). Hubungan antara Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Mahasiswa. Skripsi. Universitas Gadjah Mada.
Santrock, J. W. (2008). Educational Psychology. Third Edition. New York: McGraw – Hill Companies.
Copyright (c) 2019 Ita Suryaningsih, Rizqi Azhari Rahim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.