Proses Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Menggunakan Kerangka Kerja Teori Mason Berbantuan ChatGPT Pada Analisis Real II

  • Oktaviana Ainun Ratnawati Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Palangka Raya
  • Emy Artuti Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Palangka Raya
  • Pancarita Pancarita Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Palangka Raya
Keywords: Teori Mason, ChatGPT, Tingkat Tinggi

Abstract

Pemecahan masalah matematika terdiri dari konsep, prosedur, dan proses yang menggambarkan proses psikologis pada seseorang  yang memiliki kemampuan tingkat tinggi. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan nilai pada mata kuliah sebelumnya yaitu Analisis Real I. Tahapan pada Teori Mason dapat membantu mendeskripsikan proses berpikir seseorang, dengan tahapan yang terdiri dari entry, attack, dan review. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir tinggi mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan pada mata kuliah Analisis Real II dengan bantuan teknologi AI dalam hal ini adalah ChatGPT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dapat melewati semua tahapan pada teori Mason dengan baik dan dapat memanfaatkan ChatGPT untuk memperdalam pemahaman.

References

Amirotun Sholikhah. (2016). Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. Komunikasi Islam, 10(No. 2 (2016)), 1–21.

Fatmahayati, W. (2019). Proses Berpikir Siswa SMA dalam Menyusun Bukti Matematis. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 63. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i2.1790

Firat, D. M. (2022). How ChatGPT Can Transform Autodidactic Experiences and Open Education? 2(5), 255. https://doi.org/10.31219/osf.io/9ge8m

Miftah, R., Herman, T., & Kurniawati, L. (2021). Students’ Thinking Process in Solving Mathematical Literacy Problem Based on Cognitive Style. Advances in Mathematics: Scientific Journal, 10(4), 1857–1869. https://doi.org/10.37418/amsj.10.4.2

Nassaji, H. (2015). Qualitative and descriptive research: Data type versus data analysis. Language Teaching Research, 19(2), 129–132. https://doi.org/10.1177/1362168815572747

Qadir, J. (2022). Engineering Education in the Era of ChatGPT: Promise and Pitfalls of Generative AI for Education. TechRxiv. https://doi.org/10.36227/techrxiv.21789434.v1

Rahman, M. (2023). ChatGPT for Education and Research : Opportunities , Threats , and Strategies. March 1–17. https://doi.org/10.20944/preprints202303.0473.v1

Saefuloh, N. A., Wahyudin, W., & ... (2021). Mathematical Thinking Ability of 7th Grade Students in Social Arithmetic Learning Through Discovery Learning Model. … , Education and Social …, 2020, 468–477. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/proictss/article/view/5058/0

Santos-Trigo, M. (2014). Problem Solving in Mathematics Education. In Encyclopedia of Mathematics Education. https://doi.org/10.1007/978-94-007-4978-8_129

Wardhani, W.A., Subanji, & D. (2016). Proses Berpikir Siswa Berdasarkan Kerangka Kerja Mason. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 297–313.

Published
2023-12-23
How to Cite
Ratnawati, O., Artuti, E., & Pancarita, P. (2023). Proses Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Menggunakan Kerangka Kerja Teori Mason Berbantuan ChatGPT Pada Analisis Real II. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 61-68. https://doi.org/10.46918/equals.v6i2.1814