Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Penerapan Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan)
Abstract
Pembelajaran masa New Normal adalah kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh hampir semua lembaga pendidikan yang merupakan dampak dari munculnya pandemi Covid-19. Hal tersebut mengakibatkan berkurangnya kemampuan pemahaman konsep serta kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Khususnya pada materi Trigonometri yang merupakan salah satu materi yang penting untuk dipelajari siswa di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa kemampuan pemahaman konsep siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dan kemampuan awal sedang. Serta menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dan kemampuan awal sedang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan instrumen berupa soal tes dan wawancara yang diberikan kepada 2 subjek sesuai kriteria pemilihan subjek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan awal tinggi memenuhi semua indikator pemahaman konsep dan berpikir kritis, sedangkan subjek dengan kemampuan awal sedang tidak memenuhi semua indikator pemahaman konsep yaitu kemampuan memberi contoh dan bukan contoh, menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis, menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur tertentu, dan mengaplikasikan konsep ke pemecahan masalah. Sedangkan pada indikator berpikir kritis, subjek dengan kemampuan awal sedang tidak memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis diantaranya analisis, evaluasi dan inferensi.
References
Abdullah, A. W., Achmad, N., & Fahrudin, N. C. (2020). Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Daring Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. 8(2).
Agustine, J., Nizkon, & Nawawi, S. (2020). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Kelas X IPA Pada Materi Virus. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 3(1), 7–11.
Amalia, A., & Siti, F. (2020). Penerapan Pembelajaran Daring Dragonlearn pada Era Pandemic Covid-19 (Studi Kasus di MI Ma’had Islam Kopeng). ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 1(3), 148–164.
Andriani, T., Suastika, K., & Sesanti, N. R. (2017). Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Kelas X TKJ SMKN 1 Gempol Tahun Pelajaran 2016/2017. Mathematics Education Journal, 1(1), 34–39. https://doi.org/10.15797/concom.2019..23.009
Anggreini, D., & Asmarani, L. D. (2022). Studens’ Thinking Processes in Solving Mathematics Problems in terms of Gender Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Gender. 5(2).
Bunt, B., & Gouws, G. (2020). Using an artificial life simulation to enhance reflective critical thinking among student teachers. Smart Learning Environments, 7(1). https://doi.org/10.1186/s40561-020-00119-6
Dalman, R. P., & Junaidi, J. (2022). Penyebab Sulitnya Siswa Menjawab Soal HOTS dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS SMAN 1 Batang Kapas Pesisir Selatan. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(1), 103–112. https://doi.org/10.24036/nara.v1i1.12
Darmawanti, V. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–9.
Dewi, M. I. N. (2020). Perubahan Penamaan Obyek Pada Penderita Afasia Wernicke (Kasus: MR. D). ENSAINS JOURNAL, 3(2), 100–104.
Harisuddin, M. I. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Pandemi Covid-19 Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMPN 2 Kotabaru. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 06(02), 205–215.
Hidayanti, D., As’ari, A. R., & C, T. D. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas IX pada materi kesebangunan. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I) Universitas Muhammadiyah Surakarta, 12 Maret 2016, 2502–6526(KNPMP I), 276–285.
Mahendratama, F. J. (2019). Analisis Kemampuan Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Trigonometri Ditinjau Dari Gaya Belajar. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 123–131.
Mahmuzah, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Prisma, 6(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.123
Mayaningtyas, D. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Resource Based Learning Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA Kelas X. 56.
Mutiani, & Faisal, M. (2019). Urgency Of The 21st Century And Social Capital In Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1.
Nugraha, G., Sarkani, & Supianti, I. I. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal PJME, 10(1), 78–87. https://doi.org/10.5035/pjme.v10i1.2439
Pujiati, P., Kanzunnudin, M., & Wanabuliandari, S. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SDN 3 Gemulung Pada Materi Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 37–41. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2278
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Rosali, D. F. (2019). Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Turunan Berdasarkan Teori APOS Pada Siswa Kelas XII MIA-1 SMAN Makassar.
Rusdiana, E., & Sucipto. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation. Jurnal Ilmiah: SOULMATH, 6(1), 25–36.
Setyaningrum, V. F., Hendikawati, P., & Nugroho, S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kerja Sama Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning. Prisma, 1, 810–813.
Solikhin, M., & Fauziah, A. N. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Pelajaran Ipa Saat Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 188–192.
Susiyanti, E., & Nugraheni, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Daring Dengan Bantuan Video Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 15–30.
Yana, A. U., Antasari, L., & Kurniawan, B. R. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Gelombang Mekanik Melalui Aplikasi Online Quizizz. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(2), 143–152. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14284
Yanti, R. A., Nindiasari, H., & Ihsanudin. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Dengan Pembelajaran Daring. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(01), 123. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i01.1669
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142
Copyright (c) 2023 Ratri Candra Hastari, Dewi Anggreini, Tiragil Bakti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.