Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Astra Internasional Tbk Honda Cabang Maros
Abstract
Tujuan penelitian ini bermaksud mencari apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada PT. Astra Internasional Tbk. Honda Cabang Maros.
Penelitian ini menggunakan 2 variabel dimana variabel independen yaitu kualitas pelayanan dan variabel dependen yaitu kepuasan konsumen, dalam penelitian ini data didapatkan melalui penyebaran kuesioner kepada 111 orang di Kecamatan Bantimurung dan Kecamatan Simbang yang pernah melakukan pembelian Pada PT. Astra Internasional Tbk. Honda Cabang Maros. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling, metode analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear sederhana, analisis koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis yaitu uji t menggunakan program statistic pakage of to the social science (SPSS 25). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen Pada PT. Astra Internasional Tbk. Honda Cabang Maros di Kabupaten Maros masih dalam kategori sedang, dan pengaruh kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dan bersifat positif.