Kepuasan Mahasiswa Ditinjau dari Kualitas Pelayanan Akademik dan Non Akademik
Abstract
PPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan mahasiswa ditinjau dari kualitas pelayanan akademik dan non akademik pada program studi manajemen STIEM Bongaya. Pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner dengan menggunakan teknik Random Sampling. Populasinya adalah mahasiswa STIEM Bongaya. Sampel berjumlah 97 responden. Hasil pengujian hipotesis juga menggunakan analisis regresi linear berganda yaitu, uji t, uji F dan Analisis determinasi R2 melalui program SPSS Versi 21.0 membuktikan bahwa 1) kualitas pelayanan akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, 2) kualitas pelayanan non akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, 3) kualitas pelayanan akademik dan non akademik secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, 4) perubahan dari kepuasan mahasiswa yang dapat dijelaskan dari variasi partisispasi kualitas pelayanan akademik dan non akademik secara bersama-sama (simultan) sebesar 67,4% dan tidak diamati oleh peneliti sebesar 32,6% yang tidak dapat dijelaskan tetapi bisa dijelaskan oleh fakta-fakta lain.