ANALISIS EFEKTIVITAS STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN NASABAH PADA PT BPR HASAMITRA MAKASSAR
Keywords:
Efektivitas Strategi Pemasaran, Peningkatan NasabahAbstract
Judul Penelitian “Analisis Efektivitas Strategi Pemasaran terhadap Peningkatan Nasabah pada PT. BPR Hasamitra Makassar”. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui efektivitas strategi pemasaran yaitu segmentation, targeting dan positioning berpengaruh terhadap peningkatan nasabah pada PT BPR Hasamitra Makassar. Sampel menggunakan karyawan sebanyak 30 nasabah, metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi lapangan, studi kepustakaan dan kuesioner dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif dan regresi linear berganda, uji F, uji T dan determinasi. Hasil perhitungan koefisien determinasi dapat diketahui bahwa segmentasi pasar (X1), targetting (X2) dan Positioning (X3) berpengaruh terhadap peningkatan nasabah sebesar 0,762 atau 76,2%, sedangkan 23,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak tertulis dalam penelitian ini