PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL AUDITORY INTELECTUALY REPETITION (AIR) DAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW)

  • Wiwik Wiji Astuti STKIP Pembangunan Indonesia
Keywords: Auditory Intelectually Repetition, Think Talk Write, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment) yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bittuang yang diajar menggunakan model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR), mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bittuang yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW), mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) dan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VIIIa dan Kelas VIIIb SMP Negeri 5 Bittuang Tana Toraja. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes hasil belajar biologi siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) berada pada kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata yakni 76,40 sedangkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata yakni 64,79. Selain itu data hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara model Pembelajaran Auditory Intelectually Repitition (AIR) dengan kelompok model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada materi sistem gerak pada manusia di kelas VIII SMPN 5 Bittuang Tana Toraja tahun ajaran 2017/2018.

References

Arikunto, S. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Balta, & Sarac, H. 2016. The Effect of 7E Learning Cycle on Learning in Science Teaching: A Meta-Analysis Study. European Journal of Educational Research, 5(2), 61–72.

Djamarah. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Raneka Cipta.

Elinawati, W., Duda, H.J. & Julung, H. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Sainsmat (Online), 7 (1): 35-49.

Fahri, M. B. P. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1): 67–77.

Fikri, B. M. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Palu Pada Materi Prisma. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 45–54.

j, O., & Saka, A. Z. 2015. Development of Teacher Guidance Materials Based on 7E Learning Method in Virtual Laboratory Environment. Procedia Social dan Behavioral Sciences, 191, 810–827.

Maharlika, A. R, Santosa S, B & Prayitno, B. A. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, Write (TTW) yang Dipadu dengan Media Buku Komik Biologi terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Proceeding Biology Education Conference. 15(1): 309-316.

Muhama, I, Kwaw, R, Mensah, K.,J, Acheampong, E, & Marfo, R. 2019. Relationship of Creative Thinking with the Academic Achievements of Secondary School Students. International Interdisciplinary Journal of Education, Society and Behavioural Science 31(4): 1–10.

Murti, W. 2019. Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPA Biologi. Jurnal Binomial. 2 (1): 54-63.

Musanna, Al. 2017. Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (Online), Volume 2 (1): 30-44.

Monika, T., S. 2018. Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Sikap Siswa Yang Diberi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Tipe Think Pair Square Pada SMP Negeri Pematangsiantar. Jurnal MES (Journal of Mathematics Education and Science). 3 (2): 102-111.

Pujiastutik, H. 2016. Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Proceeding Biology Education Conference (Online), 13(1): 515-518

Sakti, H.G. & Hikayati, S. 2017. Pengaruh Penggunaaaan Model Pembelajaran Air (Auditory, Intellectualy, Repetition) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lembar Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi. 8 (2): 65-75.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progesif. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Wasti, S., Rahmiati & Izwerni. 2013. Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tata Busana di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang. E-Journal Home Economic and Tourism, 2 (1): 1-14.

Winarti, A. 2018. Model Pembelajaran Think Talk Write Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA SD. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual. 2 (3): 45-55

Yuwanda, M., Chotimah, U. & Waluyati, S.A. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ppkn di kelas VIII SMP Negeri 1 Palembang. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika. 4 (1): 13-22.
Published
2021-03-31
How to Cite
Astuti, W. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL AUDITORY INTELECTUALY REPETITION (AIR) DAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW). Binomial, 4(1), 53-65. https://doi.org/10.46918/bn.v4i1.845