PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LEAFLET TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI

  • Evi Purnama Sari Universitas Muslim Maros
  • Syamsuriana Basri Universitas Muslim Maros
  • Kasmawati Kasmawati Universitas Muslim Maros
Keywords: bahan ajar leaflet, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh leaflet terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X di SMAS Angkasa Maros. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik Pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan pertimbangan tertentu yakni kemampuan kognitif rata-rata yang sama sampel dalam penelitian ini adalah Kelas X MIA 3 terdiri dari 37 orang sebagai kelas eksperimen dan Kelas X MIA 4, terdiri dari 36 orang sebagai kelas kontrol. Data dianalisis menggunakan uji t independen untuk melihat pengaruh leaflet terhadap hasil belajar siswa Kelas X di SMAS Angkasa Maros pada materi perubahan lingkungan, limbah dan daur ulang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar biologi siswa pada kelas eksperimen sebesar 90,15 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya mendapatkan nilai rata-rata sebesar 85,91. Berdasarkan hasil analisis SPSS Versi 25 uji t diperoleh nilai sig 2(tailed) 0,000 < 0,05 maka H0 di tolak dan H1 diterima. Sementara thitung > ttabel atau 5,031 > 1,99773 maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti  ada pengaruh yang signifikan penggunaan leaflet terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAS Angkasa Maros pada materi perubahan lingkungan, limbah dan daur ulang

References

Ahmad & Maulana, M. 2017. pengembangan media pembelajaran berbasis leaflet padamateri sistem sirkulasi kelas XI MAN I Makassar. Alauddin Makassar. Skripsi. Program Sarjana Universitas Islam Negeri (Uin) Alauddin Makassar.

Akhmad, S. 2008. Model Pembelajaran Inovatif. Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran (online).

Ameliawati, D Jalmo,T & Yolida, B 2014. Pengaruh penggunaan bahan ajar leaflet terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi ilmiah 2 (5): 1-12.

Amri, S. dan I. K. Ahmadi. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. PT. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Arifin, M, dkk. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Universitas Negeri Malang. Malang.

Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta

Basri, S 2016. Meningkatkan hasil belajar fisika melalui strategi learning tournament pada siswa kelas VIIc SMP Negeri 1 Tanralili Kabupaten Maros. Jurnal Ecosystem, 16 (3): 7-21

Belawati, T. 2003. Pengembangan Bahan Ajar . Jakarta. Pusat PenerbitanUT.

Djamarah, S. B dan A. Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamid, A. A., Sikumbang, D. & Marpaung, R.R.T., 2014. Penggunaan Bahan Ajar Leaflet terhadap Aktivitas Belajar dan Penguasaan Materi oleh Siswa. Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah, 2 (4): 1-13.

Jalaludin. R. 2002. Psikologi komunikasi. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Kunandar. 2007. Guru Profesional. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Meltzer, D. 2002. The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible ‘‘hidden variable’’ in diagnostic pretest scores American journal physics, 58 (8): 734-741.

Murti, W & Anas, M. 2020. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing (Talking Chips) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Biotek. 8 (2): 80-94.

Sanjaya, W. 2006. Kurikulum dan Pembelajaran. Kencana Media Group. Jakarta

Subana. 2005. Statistik Pendidikan. CV Pustaka Setia. Bandung.

Sudjana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Suprijono, A. 2009. Coopertative Learning; Teori dan Aplikasi PIKEM. Jogjakarta. Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wijayanti, A. 2016. Pengaruh penggunaan bahan ajar leaflet terhadaphasil belajar siswa pada materi pokok ekosistem. Skripsi Tidak Diterbitkan. Badar Lampung. Program Sarjana Universitas Lampung.
Published
2021-03-31
How to Cite
Sari, E., Basri, S., & Kasmawati, K. (2021). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LEAFLET TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI. Binomial, 4(1), 1-14. https://doi.org/10.46918/bn.v4i1.835