PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATERI METABOLISME KELAS XII MIPA 1 SMA NEGERI 1 MAKASSAR

  • Ernawati Nur Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Group Investigation, hasil belajar siswa

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas XII MIPA 5 tahu pelajaran 2019/2020. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes di setiap akhir siklus. Hasil peneltian yang berupa hasil belajar siswa dianalisis secara analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII MIPA 5. Peningkatan tersebut ditunjukkan oleh data penelitian yaitu rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat dari 62,06 pada siklus I menjadi  86,94 pada siklus II. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII MIPA 5 pada materi metabolism.

References

Anisa, A., & Ernawati, E. (2018). Pengaruh Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Negeri Di Kota Makassar. Jurnal Biotek. https://doi.org/10.24252/jb.v6i2.6256
Herlina, M., Rahayu, I. Y., & Wiksya, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Siswa dalam Pembelajaran IPA Biologi Kelas X SMAN 2 Argamakmur. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.2.142-152
Suryanda, A., Azrai, E. P., & Wari, N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan. Biosfer: Jurnal Pendidikan BIOLOGI. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-2.6
Wijayanti, W., Herlambang, S., & K, M. S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Mejayan Kabupaten Madiun. Jurnal Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang.
Darmadi,H. 2017. Pengembangan Model dan Metode Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Shoimin aris. 2016. 68 model pembeljaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: ar –ruzzmedia kencana prenada media group: jakarta.
Tim Pengembang MKDP. 2013. Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Published
2020-09-23
How to Cite
Nur, E. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATERI METABOLISME KELAS XII MIPA 1 SMA NEGERI 1 MAKASSAR. Jurnal Binomial, 3(2), 100-111. https://doi.org/10.46918/binomial.v3i2.668