MENINGKATKAN KINERJA GURU IPA DALAM MENETAPKAN NILAI KKM MELALUI TEKNIK COACHING MODEL GROW ME
DOI:
https://doi.org/10.46918/binomial.v3i2.667Keywords:
Kinerja Guru, Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM),, Model Grow Me.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu mengembangkan kompetensi guru maka perlu dilakukan suatu model pembinaan yang bersifat sistematis dan menyeluruh sehingga guru dapat meningkatkan kompetensinya, terkhusus dalam menetapkan KKM. Penelitian ini telah dilakukan selama 2 bulan, mulai dari bulan September hingga Oktober 2017. Dalam penelitian tersebut, 19 guru sasaran dalam penelitian ini terlibat aktif dalam kegiatan diskusi dan sharing pengalaman dengan guru IPA yang lain dalam wadah MGMP IPA. Untuk memaksimalkan pemahaman mereka maka penulis memberikan perhatian, bimbingan, dan pendampingan yang lebih banyak dalam menetapkan KKM. Penelitian tindakan sekolah dilaksanakan melalui dua siklus dengan indikator keberhasilan 85% guru sudah dapat menetapkan KKM. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Pada siklus I baru tercapai 65,4 %, dan setelah siklus II menunjukkan peningkatan hingga 96,4 % kemampuan guru menetapkan KKM. Dengan demikian maka diharapkan model pembinaan melalui pendampingan di kegiatan MGMP dapat digunakan untuk membantu dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengatasi masalah lainnya
References
Ari Ginanjar Agustian, 2004. Rahasia Sukses Membnagkitkan ESQ Power, Jakarta: Arga, cetakan ke-6
Badan Nasional Standar pendidikan, 2006. Naskah Akademik Tentang Standar Pengawas Satuan Pendidikan. Jakarta: Direktorat Pendidikan
Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan, 2014. Prosedur Operasional Standar; penyelenggaraan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Untuk Pengawas sekolah. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan
Berger, P. and T. Luckman. 1967. The Social Construction of Reality. London. Allen Lane
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, 2017. Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Untuk Sekolah Menengah pertama. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah
Dr. Muhammad Usman najati, 2005. Psikologi Nabi, (terjemahan. Hedi Fajar). Bandung: Pustaka Nur Hidayah/IKAPI
Drs. Ngalim Purwanto, 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Muhammad Rabbi Muhammad jauhari, 2006. Akhlaquna (terjemahan. Dadang Sobar Ali). Bandung: Pustaka Setia
Mulyasa, E, 2008. Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Prof. Dr. H. Jalaluddin, 2004. Psikologi Agama; Memahami Perilaku keagamaan dengan mengaplikasikan Prinsip-Prinsip Psikologi, edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo
Sardiman, 2009. Interaksi dan Motivasi belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo perkasa
Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Depdikbud. 1992. Buku Pedoman Penyelenggaraan Musyawarah Guru Mata Pelajaran. Jakarta : Depdikbud.
Depdiknas. 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta : Depdiknas.
Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 tahun 2007 tentang Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta : Depdiknas.
Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.53 tahun 2015 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Depdiknas.










