TELAAH SOAL UAS BIOLOGI PADA SISWA SMAN 8 MAROS

  • nur fadillah universitas muslim maros
Keywords: Daya pembeda, reliabilitas, validitas dan tingkat kesukaran soal

Abstract

Evaluasi digunakan untuk mengukur kemampuan peserta didik dan juga dapat menentukan keberhasilan guru dalam mengajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal UAS Biologi pada siswa kelas XI MIPA 4 di SMAN 8 Maros. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif untuk memahami kesesuaian soal UAS biologi dengan kompetensi. Sedangkan pendekatan kuantitatif sebagai pelengkap data. Subjek dalam penelitian ini adalah semua guru biologi SMAN 8 Maros. Objek dalam penelitian ini adalah soal tes buatan guru biologi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi dan metode wawancara. Teknik analisis data terdiri dari analisis butir soal, reabilitas, analisis derajat kesukaran butir soal, analisis daya pembeda. Dari hasil penelitian menunjukkan analisis bahwa yang diperoleh untuk soal pilihan ganda 25 butir menunjukkan soal yang valid sebanyak 16% dan tidak valid 84%. Untuk reliabilitas soal pilihan ganda memiliki kategori rendah sebesar 0,33. Pada tingkat kesukaran 44% termasuk kategori mudah, 52% termasuk kategori sedang, dan 4% termasuk kategori sukar. Dan untuk daya pembeda, sebanyak 64% memiliki daya pembeda tidak baik, 24% memiliki daya pembeda cukup dan 12% memiliki daya pembeda baik.

References

Agustina, R., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Analisis butir soal penilaian akhir semester muatan pembelajaran IPS di kelas 5: Ditinjau dari kompetensi abad 21. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1-14.
Amrullah, A. (2018). Analisis Instrumen Tes Soal Pilihan Ganda Ujian Sekolah (US) Mata Pelajaran Al Islam K elas XII SMA Muhammadiyah se-kota Palembang. Ad-Man-Pend: Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan, 1(1), 11-20.
Arifin, M. B. U. B. (2018). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Umsida Press, 1-143.
Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi Aksara.
Asrul, A., Saragih, A. H., & Mukhtar, M. (2022). Evaluasi pembelajaran.
Avon, S. (2021). Analisis Butir Soal Try-Out Mata Pelajaran Fisika di Man 4 Aceh Besar Tahun Ajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, UIN Ar-raniry).
Bariah, S. K. (2019). Rancangan pengembangan instrumen penilaian pembelajaran berbasis daring. Jurnal Petik, 5(1), 31-47.
Elviana. (2020). Analisis Butir Soal Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Program Anates. Jurnal Mudarrisuna, 10(2), 58-74.
Gunawan, M. A. (2018). Analisis soal ujian sekolah mata pelajaran Matematika berdasarkan ranah kognitif kelas VI di MSI 17 Pabean Kota Pekalongan Tahun Ajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, IAIN Pekalongan).
Hariyatmi, & Luthfia, A. R. (2020). Profil Soal Ulangan Biologi SMA di Kecamatan Kartasura Dari Perspektif Hots. Artikel Pemakalah Paralel.2016.
Haryanto. (2020). Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen). Yogyakarta: UNY Press.
Jurnal, R. T. (2018). Metode Kuantitatif Dengan Pendekatan Klasik Pada Aplikasi Analisis Butir Soal Sebagai Media Evaluasi Penentuan Soal Yang Berkualitas: Rosida Nur Aziza, Dhzillan Dzhalila. Kilat, 7(1), 15-23.
Masulili, R. R., Dama, L., & Abdul, A. (2021). Analisis Butir Soal Semester Genap Mata Pelajaran Biologi Kelas XI di SMAN 3 Gorontalo Dan SMAN 5 Gorontalo. Jambura Edu Biosfer Journal, 3(2), 57-67.
Rukajat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Deepublish.
Rumbia, N. (2018). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Semester Genap Bidang Studi PAI Kelas XI pada SMA Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar Tahun Ajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Sari, D. N. P., Risnita, R., & Putra, D. (2022). Analisis Butir Soal Biologi Kelas X IPA MAN 1 Merangin Tahun Ajaran 2021/2022 (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).
Sani, R. A. (2022). Penilaian autentik. Bumi Aksara.
Sumiati, A., Widiastuti, U., & Suhud, U. (2018). Workshop Teknik Menganalisis Butir Soal dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di SMK Cileungsi Bogor. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 136-153.
Suryadi, A. (2020). Evaluasi Pembelajaran Jilid II. CV Jejak (Jejak Publisher)
Syarif. E.A., dan Syamsurizal. (2019). Analyzed Quality of Senior High School Biology Olympiad Quesrtion at West Sumatera, Riau, Jambi, and Bengkulu in 2018. Bioeducation Journal, 3(2), 142-150.
Syafti, N.K., Darussyamsu, R., Selaras, G.H., dan Syamsurizal. (2019). Analyzes Quality Question Type Multiple Choices Questions (MCQ) OF Final Exam Even Semester on Biology Course Class XI SMA Negeri Se-Kecamatan IV Jurai Academic Year 2017/2018. Atrium Pendidikan Biologi, 4(1),200-210.
Talaohu, N. (2020). Analisis Soal Try Out Tahun Akademik 2018/2019 Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu di MTs Ory Kabupaten Maluku Tengah (Doctoral dissertation, IAIN Ambon).
Widharyanto, B., & Prijowuntato, S. W. (2021). Menilai Peserta Didik. Sanata Dharma University Press.
Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.
Published
2024-03-31
How to Cite
fadillah, nur. (2024). TELAAH SOAL UAS BIOLOGI PADA SISWA SMAN 8 MAROS. Jurnal Binomial, 7(1), 51-60. https://doi.org/10.46918/bn.v7i1.2166
Section
Articles