PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 2 MAROS

  • Muh Anas STKIP PEMBANGUNAN INDONESIA
Keywords: Pola asuh orang tua, prestasi belajar biologi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian kausal komparatif yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar biologi Kelas VIII MTsN 2 Maros. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTsN 2 Maros yang berjumlah 104. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 52 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Analisis Varian (ANOVA) dengan jenis satu jalur (One Way Anova) menggunakan Software SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar biologi kelas VIII Mtsn 2 Maros. Hal ini ditunjukkan dari nilai Fhitung (10.968) > Ftabel (3.186582) dan nilai Sig 0.000 < 0.05 yang berarti ada perbedaan bermakna rerata pada semua kelompok pola asuh orang tua.

References

Baharuddin,Wahyuni. 2012. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.
Casmini. 2007. Emotional Parenting. Yogyakarta: P_Idea.
Dariyo, Agoes. 2004. Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor: Ghalia Indonesia.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2004. Pola Komunikasi Orang Tua & Anak dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.
Ernawati, dkk. 2014. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Interaksi Teman Sebaya, dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Mengwi. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan .
Esmoda dan Ekawarna. 2012. Pola Asuh Orang Tua Demokratis, Interaksi Edukatif, dan Motivasi Belajar. Jurnal Tekno Pedagogi, Volume 2, Nomor 1, hal. 1-10.
Gunarsa, Yulia Singgih. 2002. Psikologi Anak dan Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Khajar, Mizan Ibnu. 2012. Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Elektronika Smkn 1 Magelang Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal.
Marcelina. 2003. Model Pola Asuh Orang Tua yang Melakukan Perkawinan Usia Muda Terhadap Anak dalam keluarga. Skripsi. Malang: UIN Maliki Malang.
Marlina, Ike. 2014. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosi Siswa Se-Gugus II Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Muhibbin, Syah. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grapindo Perasada.
Nasir, A. Muhajir. 2016. Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Media akademi
Nisa, Afiatin. 2015. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, Volume 2, Nomor 1, hal. 1-9.
Purwanto. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Rahmawati, Fitria. 2014. Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Kelas IV Semester Genap di Kecamatan Melaya-Jembrana. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2, Nomor 1, hal. 1-11.
Respati, Winanti Siwi, dkk. 2006. Perbedaan Konsep Diri Antara Remaja Akhir yang Mempersepsi Pola Asuh Orang Tua Authoritarian, Permissive dan Authoritative. Jurnal Psikologi, Volume 4, Nomor 2, hal. 128-129.
Rizki, Sari Devia, dkk. 2017. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi BelajarAnak Usia Sekolah Dasar Kelas II Dan III. Jurnal Keperawatan, Volume 8, Nomor 1, hal. 74-84.
Santika, Ida. 2017. Pengaruh Pola Asuh Demkratis Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 28 Bandae Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Bandar Lampung: Fakultas Kegguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi.
Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Salemba Humanika.
Slemanto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sunarti, Euis. 2004. Mengasuh Dengan Hati. Jakarta: Alex Media Kamputindo Kelompok Gramedia.
Suryabrata, Sumadi. 2006. Psikologi pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wahyuning, Wiwit, dkk. 2003. Mengkomunikasikan Moral Kepada Anak, Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Widarini, Nilam. 2009. Relasi Orang Tua dan Anak. Jakarta: Alex Media Kamputindo.
Yamin, Muh. 2015. Teori dan Metode Pembelajaran. Malang: Madani.
Yana, Kiki. 2017. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Muaro Jambi. Skripsi. Jambi: Fakultas Kegguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi
Published
2019-05-14
How to Cite
Anas, M. (2019). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 2 MAROS. Jurnal Binomial, 2(1), 12-32. Retrieved from http://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial/article/view/183