ANALISIS KEBUTUHAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DISERTAI LATIHAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI JARINGAN HEWAN

  • Rahma Yuliani Universitas Negeri Padang
  • Relsas Yogica Universitas Negeri Padang
Keywords: LKPD, Pendekatan Saintifik, Berpikir Kritis

Abstract

Dalam proses pembelajaran penggunaan bahan ajar dan metode pembelajaran yang tepat merupakan faktor penting untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan. Berdasarkan hasil pengisian kuisioner oleh guru mata pelajaran Biologi SMA Negeri 1 Batang Kapas, selama ini guru sudah memberikan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik, namun untuk beberapa materi saja. Hal ini menyebabkan masih banyaknya peserta didik yang mengalami kesulitan untuk memahami materi lainnya, salah satunya materi jaringan hewan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan LKPD berbasis pendekatan saintifik disertai latihan berpikir kritis pada materi jaringan hewan kelas XI SMA. Metode yang digunakan yaitu berupa lembar kuisioner untuk guru dan lembar angket untuk peserta didik. Data analisis menggunakan analisis dekripstif dan persentase dari hasil jumlah jawaban yang diberikan dibagi jumlah seluruh responden dikali 100%. Hasil penelitian ini adalah belum tersedianya LKPD berbasis pendekatan saintifik disertai latihan berpikir kritis yang mampu membuat peserta didik untuk aktif dalam melakukan setiap tahapan saintifik dan berpikir kritis terhadap masalah yang dipaparkan.

References

Alnggalni, Al. D. (2016). Identifikalsi Kesulitaln Belaljalr Struktur Fungsi Jalringaln Hewaln Paldal Siswal Kelals XI SMAl Negeri 1 Muntilaln. Jurnall Pendidikaln Biologi, 5(4), 39–50.
https://www.kemdikbud.go.id/

Izzal, H. N., Fitrihidaljalti, H., & Pralstiwi, M. S. (2016). Peneralpaln LKS Scientific Alpproalch paldal Malteri Perubalhaln Lingkungaln untuk Melaltihkaln Keteralmpilaln Berpikir Kritis Siswal Kelals X. BioEdu: Berkallal Ilmialh Pendidikaln Biologi, 5(1), 1–6.

Kusumalstuti, Al., & Khoiron, Al. M. (2019). Metode Penelitialn Kuallitaltif. Lembalgal Pendidikaln Sukalrno Pressindo (LPSP).

Malrjaln, J., Alrnyalnal, I. B. P., & Setialwaln, I. G. Al. N. (2014). Pengalruh Pembelaljalraln Pendekaltaln Salintifik Terhaldalp Halsil Belaljalr Biologi daln Keteralmpilaln Proses Salins Siswal MAl Mu ’ alllimalt NW Palncor Selong Kalbupalten Lombok Timur Nusal Tenggalral Balralt. E-Journall Progralm Palscalsalrjalnal Universitals Pendidikaln Galneshal, 4.

Muslih. (2016). Pemalnfalaltaln Medial Pembelaljalraln Berbalsis ICT paldal Lembalgal Pendidikaln Non-Formall TPQ. DIMAlS, 16(November), 215–234.

Ningrum, E. (2016). Pengembalngaln Sumber Dalyal Malnusial Bidalng Pendidikaln. Jurnall Geogralfi Geal, 9(1).

Redhalnal, W. I. (2012). Model Pembelaljalraln Berbalsis Malsallalh daln Pertalnyalaln Socraltik untuk Meningkaltkaln Keteralmpilaln Berpikir Kritis Siswal. Calkralwallal Pendidikaln, 3, 351–365.

Ritongal, S., Salfridal, S., Hudal, I., Suprialtno, & Salrong, M. Al. (2020). The effect of problem-balsed video alnimaltion instructions to improve students’ criticall thinking skills. Journall of Physics: Conference Series, 1460(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1460/1/012107

Salri, Al. P. P., & Lepiyalnto, Al. (2016). Pengembalngaln Lembalr Kegialtaln Pesertal Didik (LKPD) Berbalsis Scientific Alpproalch Siswal SMAl Kelals X paldal Malteri Fungi. BIOEDUKAlSI: Jurnall Pendidikaln Biologi, 7(1), 41–48.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitialn Pendekaltaln Kualntitaltif, Kuallitaltif daln R&D. Allfalbetal.

Suryalndal, Al., Alzrali, E. P., & Julital, Al. (2020). Alnallisis Kebutuhaln Pengembalngaln Buku Salku Biologi Berbalsis Mind Malp (BIOMAlP). Jurnall Pendidikaln Maltemaltikal Daln IPAl, 11(1), 86–98.

Widodo, S. (2017). Pengembalngaln Lembalr Kegialtaln Pesertal Didik (LKPD) berbalsis Pendekaltaln Salintifik untuk Meningkaltkaln Keteralmpilaln Penyelesalialn Malsallalh Lingkungaln Sekitalr Pesertal Didik di Sekolalh Dalsalr. Jurnall Pendidikaln Ilmu Sosiall, 26(2), 189–204. https://doi.org/10.17509/jpis.v26i2.2270
Published
2023-03-29
How to Cite
Yuliani, R., & Yogica, R. (2023). ANALISIS KEBUTUHAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DISERTAI LATIHAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI JARINGAN HEWAN. Jurnal Binomial, 6(1), 72-83. https://doi.org/10.46918/bn.v6i1.1727