EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN BERARGUMENTASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Haerul Mutiah Universitas Muhammadiyah Bulukumba
  • Andi Yurni Ulfa Universitas Muhammadiyah Bulukumba
Keywords: ADI, Hasil Belajar, Keterampilan Berargumentasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Argument Driven Inquiry terhadap hasil belajar dan keterampilan berargumentasi siswa sebagai salah satu aspek penting dalam keterampilan proses sains. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental (penelitian semu) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Hasil analisis menunjukkan bahwa keterampilan berargumentasi siswa pada kelas eksperimen jauh lebih tingi dibandingkan dengan siswa di kelas kontrol hal ini dibuktikan dengan masih terdapat 24% siswa di kelas kontrol yang belum mampu berargumen dengan baik sementara di kelas eksperimen hanya sekitar 4%. Hasil belajar Biologi yang diajar dengan model Argument Driven Inquiry (ADI) pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata pretest 44,24 dengan kategori rendah sedangkan rata-rata nilai posttestnya yaitu 78,12 dengan kategori tinggi. Hasil belajar Biologi siswa yang diajar dengan model Non-ADI (kelas kontrol) diperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 45,88 yang berada pada kategori rendah, sedangkan nilai posttestnya yaitu 68,16 dengan kategori cukup. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai thitung= 2,03 > ttabel =0,03. Dari data tersebut ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar Biologi  dan keterampilan berargumentasi siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil ini mengindikasikan bahwamodel pembelajaran Argument Driven Inquiry sangat efektif dalam mengembangkan keterampilan argumentasi siswa.

References

Andriani, Y. (2016). Peningkatan Penguasaan Konsep Siswa Melalui Pembelajaran Argument Driven Inquiry Pada Pembelajaran IPA Terpadu Di Smp Kelas VII. EDUSAINS, 7(2), 114–120. https://doi.org/10.15408/es.v7i2.1578

Farida, L., Rosidin, U., Herlina, K., & Hasnunidah, N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Argument- Driven Inquiry (ADI) Terhadap Keterampilan Argumentasi Siswa SMP Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin. Biosfer. 7(2), 114–120. https://doi.org/10.15408/es.v7i2.1578

Fatmawati, D. R., & Ramli, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa melalui Action Research dengan Fokus Tindakan Think Pair Share. Pustaka jaya. Jakarta

Ginanjar, W. S., Utari, S., & Muslim, Dr. (2015). Penerapan Model Argument-Driven Inquiry Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 20(1), 32-42. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i1.559

Kurniasari, I. S., & Setyarsih, W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) untuk Melatihkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa pada Materi Usaha dan Energi. Bioedusiana. 06(03), 13-23.

Marhamah, O. S., Nurlaelah, I., & Setiawati, I. (2017). Penerapan Model Argument-Driven Inquiry (ADI) dalam Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 1 Ciawigebang. Quagga : Jurnal Pendidikan dan Biologi, 9(02), 45. https://doi.org/10.25134/quagga.v9i02.747

Murti, W., & Anas, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing (Talking Chips) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Biotek, 8(2), 80-94. https://doi.org/10.24252/jb.v8i2.16119

Murti, W., & Maya, S. (2021). The Effectiveness Of Environmental Learning Model On Students’ Motivation And Learning Outcomes. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 24(2), 255-263. https://doi.org/10.24252/lp.2021v24n2i8

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.991

Prasinta, J. D., Kadaritna, N., & Tania, L. (t.t.). Efektivitas Model Pembelajaran ADI dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa berdasarkan Kemampuan Akademik. 14.

Rahayu, Y., Suhendar, S., & Ratnasari, J. (2020). Keterampilan Argumentasi Siswa Pada Materi Sistem Gerak SMA Negeri Kabupaten Sukabumi-Indonesia: (Student’s Argumentation Skills on Motion Systems Material at SMA Negeri Sukabumi-Indonesia). BIODIK, 6(3), 312–318. https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9802

Sandhy, A. K. (t.t.). Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak. Skripsi. FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak.

Sunarno, W., & Prasetyo, Z. K. (2016). Analisis Tes Argumentasi Materi Terapung Dan Tenggelam. Biotek. 2(2), 6.

Wahyunan Widhi, M. T., Hakim, A. R., Wulansari, N. I., Solahuddin, M. I., & Admoko, S. (2021). Analisis Keterampilan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik Pada Model Pembelajaran Berbasis Toulmin’s Argumentation Pattern (TAP) Dalam Memahami Konsep Fisika Dengan Metode Library Research. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 79–91. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.79-91

Wati, M. A., Pudjawan, K., & Suartama, I. K. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Tejakula Tahun 2013/2014. 2(1), 11.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621

Zahara, I. K., Rosidin, U., Helina, K., & Hasnunidah, N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Argument Driven Inquiry (ADI) Pada Pembelajaran IPA Terhadap Keterampilan Argumentasi Siswa SMP Berdasarkan Perbedaan Kemampuan Akademik. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP), 2(2), 53–61. https://doi.org/10.19109/JIFP.v2i2.2630
Published
2022-03-28
How to Cite
Mutiah, H., & Ulfa, A. (2022). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN BERARGUMENTASI DAN HASIL BELAJAR SISWA. Binomial, 5(1), 69-80. https://doi.org/10.46918/bn.v5i1.1235