PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCINCE DALAM MENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk memecahkan suatu permasalahan dalam pembelajaran IPA biologi dalam hal ini berupaya untuk meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran Children Learning In Scince pada peserta didik kelas VII SMP Ittihad Makassar yang dilaksakan selama 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Ittihad Makassar yang berjumlah 23 orang yang terdiri dari 12 orang perempuan dan 11 orang laki-laki. Pengambilan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan metode observasi dan Tes kemampuan kognitif yang dilakukan pada akhir siklus I dan siklus II. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik, deskriptif, dalam bentuk analisis presentase. Hasil penelitian yang dipeoleh yaitu penerapan model Children Learning In Scinec pada kelas VII B SMP Ittihad Makassar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan rata-rata presentase hasil belajar biologi pada peserta didik kelas VII B SMP Ittihad Makassar pada siklus pertama sebesar 78,26% dan pada siklus kedua meningkat menjadi 91,30%. Dengan model pembalajaran tersebut peserta didik lebih aktif, focus dan termotivasi dalam pembelajaran dan terpenuhinya semua aspek dan indicator
References
Anwar, M., Wahyuni, A., & Hamid, A. (2017). Penerapan Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika. 2(1): 154-159. https://doi.org/10.26740/eds.v1n1.p64
Aristiyani, Y. (2017). Peningkatan Keterampilan Berpikir dan Pemahaman Konsep Siswa melalui Penerapan Model CLIS pada Pembelajaran IPA Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar. 1(1): 64-71. https://doi.org/10.26740/eds.v1n1.p64-71
Budiarto, F. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA. Journal of Elementary Education. 4(1):1-9 https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee/article/view/7537
Danil, A. A., Syamswisna, & Ariyati, E. (2015). Penerapan Model CLIS disertai Booklet terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan. 4(6):215-230. DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i6.10653
Desstya, A. (2016). Kedudukan dan Aplikasi Pendididkan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar. 1(2): 193-200. https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/1002
Hidayati, H., Hartono, H., & Mujamil, J. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI IPA SMAN 3 Palembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 2 (1),23-34. DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v2i1.2875
Murti, W., & Anas, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing (Talking Chips) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Biotek, 8(2), 80-94. https://doi.org/10.24252/jb.v8i2.16119
Murti, W., & Maya, S. (2021). The Effectiveness Of Environmental Learning Model On Students’ Motivation And Learning Outcomes. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 24(2), 255-263. https://doi.org/10.24252/lp.2021v24n2i8
Nurseha, Darsikin, & Werdhiana, I. K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science terhadap Keterampilan Proses IPAdan Pemahaman Konsep tentang Getaran dan Gelombang pada Kelas VIII SMP Negeri 5 Marawola. E-Jurnal Mitra IPA. 3(1): 9–19. http://jurnal.pasca.untad.ac.id/index.php/MitraSains/article/view/34
Samatowa, Usman. 2015. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks.
Suarni, H & Dewi A D.(2014). Penerapan Metode Eksperimen pada Materi Sifat Cahaya pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 1 Balukang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal kreatif Tadulako. 4(1): 170-182. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3284
Sudarsana, I. K. (2018). Optimalisasi Penggunaan Teknologi dalam Implementasi Kurikulum di Sekolah (Perspektif Teori Konstruktivisme). Jurnal Ilmu Pendidikan. 1(1): 8-15 http://orcid.org/0000-0001-5800-6841
Utami, M.P.,Indrawati, I., & Sutarto, S. (2015). Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) dalam Pembentukan Konsep Fisika Siswa SMA di Kabupaten Jember (Materi Pokok Elastisitas Zat Padat dan Hukum Hooke). Artikel Ilmiah Mahasiswa, 2 (1), 1-5. Doi:10.20527/jbse.v1i2.9
Wiyase, I. K. N. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Sport Pedagogy. 5(1): 28–31. https://doi.org/10.37541/cer.v3i3.619